SINERGI BUDAYA KOMUNIKASI BAGIAN PEMBERITAAN(UNIT NEWS) PASCA PENGGABUNGAN STASIUN TELEVISI SCTV - INDOSIAR

YAHYA, ABAS (2017) SINERGI BUDAYA KOMUNIKASI BAGIAN PEMBERITAAN(UNIT NEWS) PASCA PENGGABUNGAN STASIUN TELEVISI SCTV - INDOSIAR. S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (Cover)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)

Abstract

Sinergi dalam sebuah perusahaan sangat terkait dengan komunikasi internal dalam organisasi perusahaan tersebut. Komunikasi yang berbeda atau gaya komunikasi tidak searah dalam sebuah organisasi tentu akan membuat tujuan dari organisasi tidak tercapai, oleh karena itu diperlukan komunikasi yang baik dan efektif agar dapat menciptakan iklim organisasi yang berjalan sesuai tujuan. Proses sinergi yang dilakukan antara stasiun televisi SCTV dan stasiun televisi Indosiar menimbulkan implikasi terhadap internal, salah satunya adalah perbedaan budaya komunikasi yang menyebabkan kurang lancarnya komunikasi suasana kerja.Dengan adanya sinergi perusahaan, maka harus dilakukan komunikasi organisasi internal untuk menyelaraskan visi dan misi perusahaan secara internal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahuibagaimana sinergi budaya komunikasi bagian pemberitaan (Unit News) pasca penggabungan stasiun televisi SCTV– Indosiar. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif menggunakan proses sebuah studi kasus. Penelitian ini menggunakan konsep budaya organisasi dalam mempelajari budaya organisasi yang dikemukakan oleh Peters dan Waterman yang disebut sebagai “McKinsey 7–S Franework”, yang terdiri dari tujuh buah konsep budaya organisasi yang saling terkait. Untuk sinergi menggunakan konsep sinergi governance dan kolaborasi. Dari hasil penelitian terlihat bahwa dalam konsep budaya komunikasi organisasi yang diterapkan pada redaksi liputan harian stasiun SCTV – Indosiar pasca sinergi kedua perusahaan dianggap mampu untuk melakukan perubahan komunikasi langsung pada bagian redaksi liputan harian. Selain itu pula, terlihat bahwa budaya komunikasi organisasi baru yang diterapkan cukup taktis dan tetap berfokus pada taktik-taktik yang dilakukan dengan melihat situasi secara strategis. Program-program budaya komunikasi yang disusun redaksi liputan harian SCTV–Indosiar pasca sinergi sudah sesuai dengan konsep budaya organisasi dan sinergi pada penelitian ini. Inisiatif untuk melaksanakan budaya komunikasi organisasi sebagai bagian dari komunikasi internal adalah bentuk kepedulian perusahaan akan apa yang dibutuhkan karyawan, terutama dalam situasi sedang ada perubahan besar dalam perusahaan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-059
Call Number: 52/MIB/2017/002
NIM/NIDN Creators: 55213120036
Uncontrolled Keywords: Media Industry dan Bisnis, MEDIA
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 21 Nov 2017 08:33
Last Modified: 21 Jun 2022 04:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39653

Actions (login required)

View Item View Item