PENGARUH PERSUASI POLITIK MENGGUNAKAN COMPLIANCE GAINING STRATEGY TERHADAP KEPATUHAN KEBIJAKAN PUBLIK (STUDI EKSPERIMEN PERSUASI IKLAN INFOGRAFIK KEBIJAKAN SUBSIDI HARGA BBM DI KALANGAN MAHASISWA UMB)

ARISTYAVANI, INADIA (2016) PENGARUH PERSUASI POLITIK MENGGUNAKAN COMPLIANCE GAINING STRATEGY TERHADAP KEPATUHAN KEBIJAKAN PUBLIK (STUDI EKSPERIMEN PERSUASI IKLAN INFOGRAFIK KEBIJAKAN SUBSIDI HARGA BBM DI KALANGAN MAHASISWA UMB). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB)

Abstract

Studi compliance gaining banyak dipakai dalam persuasi interpersonal, penelitian ini menguji teori Compliance Gaining Strategy (CGS) dalam konteks kebijakan publik terkait kenaikan harga subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) karena dilatarbelakangi permasalahan risiko krisis energi, peningkatan konsumsi BBM di Indonesia, dan alokasi subsidi BBM menekan APBN yang dipandang belum tepat sasaran. Prinsip persuasi dalam compliance gaining bisa dipakai untuk komunikasi publik bahkan komunikasi massa karena penelitian ini menggunakan 5 iklan infografik cetak sebagai treatment. Teori CGS berpusat pada strategi persuasi yang dilakukan agar seseorang mematuhi keinginan komunikator, Marwell dan Schmitt (1967) mengidentifikasi ada 16 strategi, yang dikelompokkan menjadi 5 strategi utama: Rewarding Activities, Punishing Activities, Expertise, Personal Commitments dan Impersonal Commitments, untuk menguji strategi persuasi mana yang paling berhasil dalam mendapatkan kepatuhan kebijakan publik, dipakai metode eksperimen (desain between subject). Hasil penelitian memperlihatkan dua pendekatan terbukti berhasil meningkatkan kepatuhan; strategi rewarding activities dan impersonal commitments, sementara tiga strategi lain tidak terbukti signifikan. Hal ini mendukung temuan dari studi Turner, et. al, (2010) dalam konteks komunikasi interpersonal dan studi Lamude and Scudder (1993) dalam konteks komunikasi organisasi, memperjelas temuan prinsip persuasi interpersonal bisa dipakai untuk persuasi kebijakan publik

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-16-042
Call Number: 52/PCOM/2016/018
NIM/NIDN Creators: 55214110054
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Politik, Persuasi, Kebijakan Publik, Compliance Gaining Strategy, Eksperimen dan Subsidi BBM, Political Communication, Persuasion, Public Policy, Compliance Gaining Strategy, Experiment and Fuel Oil Subsidy, CORCOM, korporate komunikasi dan komunikasi pemasaran
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 31 Oct 2017 02:59
Last Modified: 27 Jun 2022 02:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39355

Actions (login required)

View Item View Item