IMPLEMENTASI KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KREATIVITAS KOMUNIKASI VISUAL PESERTA DIDIK IKLAN LAYANAN MASYARAKAT

PRIANGGODO, AJI BANDUNG (2017) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KREATIVITAS KOMUNIKASI VISUAL PESERTA DIDIK IKLAN LAYANAN MASYARAKAT. S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
Hal Cover.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)

Abstract

Dunia animasi di Indonesia berkembang dengan pesat belakangan ini dengan semakin banyaknya anak-anak muda yang terjun langsung dalam produksi film, advertensi maupun klip-klip pendek. Peran yang mereka ambil dalam produksi tersebut diantaranya sebagai animator, compositor, pengatur cahaya, modeler, scripwriter dan lainnya. Produk-produk yang mereka hasilkan dapat dikatakan sukses dengan adanya kemampuan yang mumpuni dan dukungan software dan hardware yang sesuai. Kementerian Industri bekerja sama dengan PT. Jitu Kreasi utama memiliki program Local Digitalpreneur for National Competitiveness yaitu untuk mendorong masyarakat sebagai subjek dalam pengelolaan desain animasi berbasis 3D Movie yang nantinya dapat menciptakan lapangan pekerjaan di sektor industri animasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Implementasi Komunikasi Instruksional dalam Meningkatkan Kompetensi Kreativitas Komunikasi Visual Peserta Didik Iklan Layanan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil penelitian menunjukkan implementasi komunikasi instruksional dalam meningkatkan kompetensi kreativitas komunikasi visual peserta didik iklan layanan masyarakat dalam pelaksanaan proses belajarmengajar di kelas, para instruktur BDI Denpasar memberikan informasi/ materi teoritis dan juga praktis dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta diklat ke arah yang positif. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan dari implementasi komunikasi instruksional dalam meningkatkan kompetensi kreativitas komunikasi visual peserta didik iklan layanan masyarakat adalah untuk memberikan pelatihan desain animasi yang diharapkan nantinya peserta diklat animasi juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan khususnya di industri animasi. (3) Motivasi Kementrian Perindustrian melalui Balai Diklat Industri Denpasar, Bali adalah bersinergi dengan akademisi dan praktisi visual untuk mendorong daya saing industri melalui pengembangan sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan industri luar negeri. Untuk itu, hal terpenting yang harus dilakukan adalah dengan mengimplementasikan komunikasi instruksional kepada peserta didik melalui belajarmengajar pada kegiatan pendidikan dan pelatihan di BDI Denpasar.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-024
NIM/NIDN Creators: 55213120040
Uncontrolled Keywords: Corporate and Marketing Communications, CORCOM
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 23 Oct 2017 05:10
Last Modified: 21 Jun 2022 03:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39267

Actions (login required)

View Item View Item