PENGARUH NON PERFORMING FINANCING, BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PENDAPATAN OPERASIONAL DAN STABILITAS MAKROEKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2013 - 2016

ADYATI, TUTI (2017) PENGARUH NON PERFORMING FINANCING, BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PENDAPATAN OPERASIONAL DAN STABILITAS MAKROEKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2013 - 2016. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.Hal Cover.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (BAB II)
04.Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB III)
05.Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text (BAB IV)
06.Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (BAB V)
07.Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
08.Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Non Performing Financing (NPF), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), dan Stabilitas Makroekonomi yang diukur dengan menggunakan variabel Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap Profitabilitas yang diukur dengan menggunakan variabel Return On Assets (ROA). Objek penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan memiliki laporan keuangan yang dipublikasikan selama 4 (empat) tahun berturut-turut dari tahun 2013 – 2016. Penelitian ini dilakukan terhadap 6 Bank Umum Syariah dan penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal dan bersifat replikasi terhadap penelitian sebelumnya dengan modifikasi tertentu. Metode sampling yang digunakan adalah metode Purposive Sampling, yakni teknik penelitian sampel dengan pertimbangan tertentu, sampel dipilih berdasarkan kesesuaian karakteristik dengan kriteria sampel yang ditentukan. Data yang digunakan adalah data sekunder, dengan Non Performing Financing (NPF), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi sebagai variabel bebas dan Return On Assets (ROA) sebagai variabel terikatnya. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dalam bentuk uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Non Performing Financing (NPF), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas (ROA) Bank Umum Syariah di Indonesia. Sedangkan secara parsial, variabel Non Performing Financing (NPF) dan Inflasi berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROA) Bank Umum Syariah di Indonesia, variabel Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas (ROA) Bank Umum Syariah di Indonesia, sedangkan variabel Pertumbuhan Ekonomi memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROA) Bank Umum Syariah di Indonesia. Kata kunci : NPF, BOPO, inflasi, pertumbuhan ekonomi, ROA.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 43213110135
Uncontrolled Keywords: NPF, BOPO, inflasi, pertumbuhan ekonomi, ROA.
Subjects: ?? 339.5 ??
?? 657.42 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 21 Oct 2017 02:06
Last Modified: 21 Oct 2017 02:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39235

Actions (login required)

View Item View Item