DAMPAK PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PEMERINTAH (SAP) BERBASIS AKRUAL TERHADAP PENINGKATAN OPINI LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH (STUDI KASUS PADA BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI)

PRASETYO, ARDIAN (2017) DAMPAK PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PEMERINTAH (SAP) BERBASIS AKRUAL TERHADAP PENINGKATAN OPINI LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH (STUDI KASUS PADA BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)

Abstract

Akuntansi berbasis akrual dipercaya dapat menghasilkan informasi yang lebih akuntabel dan transparan dibandingkan dengan akuntansi berbasis kas. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendapatkan bukti secara empiris mengenai pengaruh Lingkungan Pengendalian Internal, Identifikasi Resiko Pemantauan dan Evaluasi Pengendalian Internal, Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan, Prosedur Konsolidasi Laporan Keuangan, Pengendalian Umum Sistem Informasi Pelaporan Keuangan dan Pengendalian Sistem Informasi Pelaporan Keuangan terhadap Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) Berbasis Akrual serta implikasinya pada peningkatan opini Laporan Keuangan Pemerintah. Penelitian dilaksanakan pada seluruh pegawai yang terlibat dalam penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2015 Berbasis Akrual pada satuan kerja BPPT dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara dan kuesioner yang disebarkan kepada responden. Penentuan sampel melalui purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 94 responden. Analisis data menggunakan SPSS V.23 melalui uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis. Hasil uji validitas dan uji realibilitas menyatakan bahwa data penelitian valid dan reliabel dan hasil uji asumsi klasik menyatakan bahwa persamaan regresi memiliki ketepatan dalam estimasi, tidak bias dan konsisten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lingkungan Pengendalian Internal, Identifikasi Resiko Pemantauan dan Evaluasi Pengendalian Internal, Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan, Prosedur Konsolidasi Laporan Keuangan memiliki pengaruh positif terhadap Penerapan SAP Berbasis Akrual yang secara langsung meningkatkan opini Laporan Keuangan Pemerintah.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-555-16-001
NIM/NIDN Creators: 55515110070
Uncontrolled Keywords: Sistem Akuntansi Pemerintah, SAP Berbasis Akrual, Opini Laporan Keuangan Pemerintah, Pengendalian Internal, Prosedur Penyusunan Laporan Keuangan, Government Accounting System, SAP Accrual Based, Opinion Government Financial Statements, Internal Control, Procedures Preparation of Financial Statements. Akuntansi Keuangan, AKEU
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi
Divisions: Pascasarjana > Magister Akuntansi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:55
Last Modified: 23 Jun 2022 03:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39150

Actions (login required)

View Item View Item