APLIKASI SISTEM MONITORING DOKUMEN CN (Consignment Note) PIBK (Pemberitahuan Izin Barang Khusus)

AJI, RULY WISNU (2017) APLIKASI SISTEM MONITORING DOKUMEN CN (Consignment Note) PIBK (Pemberitahuan Izin Barang Khusus). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (BAB II)
04.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (BAB III)
05.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB)
[img] Text (BAB IV)
06.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
07.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
08.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)

Abstract

Bea Cukai adalah suatu direktorat (instansi dibawah departemen/kementrian) yang mengurusi tugas-tugas kepabeanan dan cukai. Direktorat bea cukai berada dibawah kementrian keuangan. Bea sendiri berarti biaya tambahan yang dikenakan untuk barang-barang komoditas yang diperjual belikan terutama untuk barang-barang yang berasal dari luar wilayah tertentu (misalnya wilayah republik Indonesia). Bea dikenakan berdasarkan harga pasaran internasional. Semakin tinggi permintaan atas barang tersebut di pasar internasional maka semakin mahal pula bea yang harus dikeluarkan. Cukai artinya biaya tambahan untuk barang-barang yang memiliki potensi sifatsifat merugikan atau efek samping bagi penggunanya. Cukai tersebut dimaksudkan sebagai jaminan kerugian bagi konsumen apabila suatu saat terkena dampak dari barang yang dikonsumsi. PT Sayap Biru merupakan salah satu perusahaan kargo yang beroperasi di Indonesia. PT Sayap Biru menangani proses impor ekspor barang melalui udara. Mereka melayani jasa pengiriman barang untuk perusahaan sendiri maupun perusahaan kargo lain. Pada proses pengurusan barang impor maupun ekspor, PT Sayap Biru harus melengkapi dokumen CN (Consignment Note) dan PIBK (Pemberitahuan Impor Barang Khusus) untuk diserahkan kepada bea cukai. Dalam proses operasional kargo akan terkait dengan perijinan dalam melakukan ekspor dan impor. Hal ini dikarenakan perusahaan kargo diwajibkan mengikuti aturan yang diatur oleh undang-undang dibawah kementrian keuangan republik Indonesia. Dikarenakan instruksi untuk meningkatkan pelayanan dengan mengembangkan teknologi informasi maka Dirjen Bea dan Cukai memerintahkan untuk dilakukan pembuatan modul Barang Kiriman untuk mempermudah perusahaan kargo dalam mengajukan dokumen dalam proses Impor sehingga diharapkan mempercepat proses pengurusan Barang kiriman mulai dari pengurusan dokumen sampai dengan pengeluaran barang. Kata kunci : Bea Cukai, Kargo, PT Sayap Biru, CN (Consignment Note) dan PIBK (Pemberitahuan Impor Barang Khusus).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/SI. 17 368
NIM/NIDN Creators: 41811010032
Uncontrolled Keywords: Bea Cukai, Kargo, PT Sayap Biru, CN (Consignment Note) dan PIBK (Pemberitahuan Impor Barang Khusus).
Subjects: ?? AI ??
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 05 Oct 2017 06:05
Last Modified: 16 Oct 2017 04:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38946

Actions (login required)

View Item View Item