MITOLOGI "IBU" SEBAGAI LEADER DALAM PROGRAM INDONESIA BARU (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Program Indonesia Baru Berkarya Ala Bu Risma)

ANWAR, MAULUDIN (2017) MITOLOGI "IBU" SEBAGAI LEADER DALAM PROGRAM INDONESIA BARU (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Program Indonesia Baru Berkarya Ala Bu Risma). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (965kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Budaya dan komunikasi merupakan bagian dari warisan leluhur yang keberadaannya tak terlepas dari konteks ruang dan waktu dimana komunikasi terjadi. Ketika kita mendengar kata perempuan, muncul beragam persepsi. Ada persepsi bahwa perempuan itu lemah, tidak lebih pintar dari laki-laki dan sebagainya. Persepsi itu tertanam menjadi keyakinan yang berproses melalui budaya (mitos). Lalu apa yang terjadi ketika seorang “ibu” memiliki kekuasan dan menjadi pemimpin (leader)? Penelitian ini menggali apa yang tersimpan melalui gagasan dan ideologi seorang “ibu” sebagai “pemimpin”. Mitologi “Ibu” sebagai leader dalam dunia politik yang terdapat pada tayangan Indonesia Baru Liputan 6 SCTV episode Berkarya Ala Bu Risma. Fokus penelitian ingin menggali makna atau mitologi yang terkandung dalam pesan yang disampaikan melalui tayangan televisi. Objek penelitiannya adalah seorang “ibu” dalam representasi objek visual dan objek verbal pada tayangan talk show “Indonesia baru”. Untuk mencari makna dalam Mitologi “Ibu” sebagai pemimpin (leader), peneliti menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya 5 Mitologi yang dianggap dominan. Dari mitologi itu kemudian ditemukan ideologi yang merupakan anti tesis dari ideologi hegemoni, hedonisme, dan patriaki.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-032
Call Number: 52/PCOM/2017/013
NIM/NIDN Creators: 55213110025
Uncontrolled Keywords: Political Communications, KOMPOL
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 26 Sep 2017 08:43
Last Modified: 21 Jun 2022 03:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38834

Actions (login required)

View Item View Item