PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PERAN GENDER TERHADAP MOTIVASI KERJA (Studi Komunikasi Organisasi Pada Pegawai Di Lingkungan Sekretariat Presiden Periode November 2016-April 2017)

NOVRIANDI, MUHAMMAD (2017) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PERAN GENDER TERHADAP MOTIVASI KERJA (Studi Komunikasi Organisasi Pada Pegawai Di Lingkungan Sekretariat Presiden Periode November 2016-April 2017). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
Lembar Cover Tesis.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka Dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)

Abstract

Gaya kepemimpinan dan peran gender mempunyai pengaruh penting yang mempengaruhi motivasi kerja pegawai sebagai aset penting dalam sebuah organisasi dan orang pertama yang mampu melakukan perubahan budaya melalui komunikasi yang intens untuk mencapai tujuan organisasi. Di Sekretariat presiden pengaruh dari gaya kepemimpinan dan peran gender menjadi fenomena yang kuat yang teramati secara nyata, dimana komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan kerja suatu organisasi, hal ini dapat dipahami bahwa komunikasi merupakan kebutuhan eksistensi manusia untuk menghindari terjadinya kesenjangan konflik yang berorientasi pada pekerjaan dan peran gender dalam memotivasi untuk mencapai tujuan yang dinginkan. Oleh karena itu komunikasi yang tidak baik akan memiliki dampak yang luas terhadap kehidupan organisasi dan sebaliknya apabila komunikasi yang baik akan memperlancar hubungan kerja serta dapat meningkatkan saling pengertian, pemahaman, dan kerjasama dalam pekerjaan. Proses komunikasi dalam organisasi adalah salah satu faktor penentu dalam mencapai organisasi yang efektif. Permasalahan yang ada di motivasi kerja membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini untuk menguji hipotesis teori dengan menggunakan paradigma positivistik dengan metode penelitian yang digunakan adalah analisis korelasi dan analisis regresi berganda. Sedangkan untuk menguji instrument digunakan uji validitas dan reabilitas. Peneliti menggunakan teknik sampel dengan metode perhitungan sampel dimana jumlah sampel dari populasi 729 adalah 78 orang. Dari hasil penelitian regresi berganda antara variabel Gaya Kepemimpinan (X1) dan Peran Gender (X2) dengan Motivasi Kerja Pegawai (Y) di Sekretariat Presiden dimana didapatkan hasil setiap kenaikan satu-satuan variabel Gaya Kepemimpinan dan Peran Gender maka variabel Motivasi Kerja Pegawai meningkat menjadi 0,261 satuan dan 0,655 satuan yang berarti setiap indikator Gaya Kepemimpinan dan Peran Gender satu satuan akan diikuti perubahan peningkatan Motivasi Kerja Pegawai di Sekretariat Presiden sebesar 1,355. Sehingga Gaya Kepemimpinan dan Peran Gender memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap motivasi kerja pegawai di lingkungan Sekretariat Presiden.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-557-17-103
NIM/NIDN Creators: 55214120005
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan, peran gender, budaya organisasi, motivasi kerja, Leadership style, gender role, organizational culture, work motivation. Corporate and Marketing Communications, CORCOM
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 26 Sep 2017 02:30
Last Modified: 22 Jun 2022 03:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38825

Actions (login required)

View Item View Item