PERSONALISASI POLITIK DALAM ISI PESAN IKLAN POLITIK (Analisis Framing Gamson dan Modigliani atas Iklan Politik Televisi Aburizal Bakrie)

SANTI, SARAH (2017) PERSONALISASI POLITIK DALAM ISI PESAN IKLAN POLITIK (Analisis Framing Gamson dan Modigliani atas Iklan Politik Televisi Aburizal Bakrie). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)

Abstract

Ada perubahan mendasar dalam komunikasi politik di Indonesia sejak pemilu langsung yang demokratis pada tahun 1999. Komunikasi politik yang mulanya pasif karena sebelum tahun 1999 kekuasaan tidak diperebutkan secara berlebihan, cenderung birokratis, elitis dan tidak ada maneuver, bergeser menjadi aktif. Pemilu langsung menjadi semacam pasar bebas kekuasaan karena setiap orang berpeluang untuk menjadi pemimpin dan mereka berusaha merebut kekuasaan tersebut. Komunikasi politik pun bergeser menjadi aktif untuk merebut hati dan suara para pemilih. Untuk itu, cara berkomunikasi para calon-calon pemimpin mengikuti logika pemasaran dimana mereka menggunakan fungsi-fungsi komunikasi pemasaran seperti iklan dan memanfaatkan beragam media untuk menjangkau para pemilih di penjuru tanah air antara lain menggunakan televisi dalam berkomunikasi dengan pemilih (voters). Isi pesan dalam iklan-iklan mereka pun tidak hanya bicara tentang program kerja politik saja melainkan menonjolkan diri pribadi serta keluarga demi menarik simpati dan mengambil hati para pemilih. Penelitian ini berusaha memperlihatkan iklan politik Aburizal Bakrie (ARB) versi “Saya di mata istri” adalah iklan politik televisi ARB yang isi pesannya sarat dengan pesan-pesan personal untuk tujuan politik. Hal tersebut dimungkinkan karena peran media yang melebar dari sekedar mediasi isi pesan menjadi mediatisasi. Mediatisasi adalah kondisi masyarakat dimana produksi dan konsumsi informasi sangat bergantung pada media, disaat yang sama media memiliki logika kerjanya sendiri. Hal ini menyebabkan isi pesan dirancang sedemikian rupa untuk mengikuti logika kerja media tersebut. Untuk membedah rangkaian isi pesan yang sarat dengan personalisasi politik, penelitian ini menggunakan teknik analisis framing dari Gamson dan Modigliani yang berpendapat bahwa frame berupa gugusan ide yang dikemas dengan cara bercerita (story line). Hasil penelitian terungkap bahwa memang iklan politik tersebut cenderung mengarah pada isi pesan yang personal. Temuan penelitian atas iklan ini menggambarkan 3 (tiga) hal, yakni posisi ARB dalam keluarga, sikap istri terhadap ARB yang memberi dukungan terhadap pengabdiannya untuk negeri, dan rasa nasionalisme ARB. Ketiga hal tersebut digambarkan dalam condensing symbol melalui adegan, dialog, setting, suara, dan tulisan. Ketiga butir gagasan tersebut berjalin kelindan saling menjelaskan dan menguatkan gagasan sentral (core frame) tentang ARB, bahwa ia adalah pribadi yang mengayomi dengan rasa nasionalisme yang tinggi serta rela berbakti untuk negeri didukung sepenuhnya oleh istri (keluarga).

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-038
Call Number: 52/PCOM/2017/014
NIM/NIDN Creators: 55211110069
Uncontrolled Keywords: Political Communication, KOMPOL
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 29 Aug 2017 08:30
Last Modified: 21 Jun 2022 03:33
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38764

Actions (login required)

View Item View Item