IDEOLOGI NASIONALISME DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI TELEVISI

HIDAYAH, SITI NURUL (2017) IDEOLOGI NASIONALISME DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI TELEVISI. S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (706kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)

Abstract

Iklan layanan masyarakat merupakan iklan untuk menyampaikan informasi, mempersuasi atau mendidik khalayak, dimana tujuan akhir bukanlah mendapatkan keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial. Namun dalam prakteknya, saat ini banyak pemilik media memanfaatkan iklan layanan masyarakat untuk mendapatkan keuntungan komersial. Di dalam iklan layanan masyarakat dengan tema hari kemerdekaan Indonesia ke 71 tahun yang ditayangkan TvOne, ANTV dan TRANS 7 terdapat simbol-simbol yang mengarah pada praktek komersialisasi. Melalui analisis semiotika Roland Barthes, makna visual diinterpretasikan dengan mengacu pada bantuan elemen-elemen pemaknaan pengambilan gambar dari Arthur Assa Berger. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simbol-simbol yang ditampilkan dalam isi pesan iklan, makna olahraga, profesi dan alam budaya mengalami pergeseran dengan menggunakan idelogi nasionalisme. Pergeseran makna untuk mendekatkan khalayak kepada program yang dipromosikan oleh setiap stasiun televisi. Mitologi nasionalisme digunakan untuk menerapkan ideologi kapitalis oleh setiap pemilik stasiun televisi

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-048
Call Number: 52/MIB/2017/010
NIM/NIDN Creators: 55215110011
Uncontrolled Keywords: Iklan Layanan Masyarakat, Ideologi, Nasionalisme. Media Industry dan Bisnis, MEDIA
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 29 Aug 2017 05:18
Last Modified: 22 Jun 2022 06:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38762

Actions (login required)

View Item View Item