PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA KANTOR TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN SERANG

Ghoviva, Rini (2009) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA KANTOR TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN SERANG. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Hal Cover)
cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-6)
bab 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia adalah lembaga pemerintah non departemen yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Presiden Republik Indonesia berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2006. Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pertanahan secara nasional, regional dan sektoral. Kantor Pertanahan Kabupaten Serang adalah salah satu kantor yang melayani urusan pertanahan di kabupaten yang dipimpin oleh seorang Kepala Kantor. Sebagai pimpinan, Kepala Kantor dituntut untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengelolaan kantor pertanahan, mengkaji hubungan kausal antara gaya kepemimpinan yang di terapkan oleh Kepala Kantor dengan efektifitas pengelolaan Kantor Pertanahan Kabupaten Serang dan untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang paling dominan yang diterapkan oleh Kepala Kantor. Penelitian dilakukan di Kantor Pertanahan Kabupaten Serang dengan menggunakan metode deskriptif survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang ada pada Kantor Pertanahan Kabupaten Serang, dengan pemilihan sampel menggunakan teknik purposif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individu kepala kantor pertanahan dan seluruh pegawai pada Kantor Pertanahan Kabupaten Serang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) Pengelolaan Kantor Pertanahan Kabupaten Serang sudah berjalan dengan efektif. Rata-rata pencapaian indikator keberhasilan adalah 84,48% (2) Gaya Kepemimpinan Kepala Kantor berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas pengelolaan Kantor Pertanahan Kabupaten Serang. Harga signifikansi sebesar 99%. (3). Dari persamaan regresi linier berganda terlihat bahwa gaya kepemimpinan eksekutif yang diterapkan oleh Kepala Kantor ternyata yang paling dominan berpengaruh terhadap efektivitas pengelolaan Kantor Pertanahan Kabupaten Serang.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-09-178
NIM/NIDN Creators: 55106020018
Uncontrolled Keywords: MSDM, MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 23 Feb 2010 09:38
Last Modified: 16 Jul 2022 06:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38166

Actions (login required)

View Item View Item