Strategi government relations austasia group dalam membina hubungan baik dengan direktorat jenderal peternakan departemen pertanian

Wungkana, Yelly Lidia (2007) Strategi government relations austasia group dalam membina hubungan baik dengan direktorat jenderal peternakan departemen pertanian. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)

Abstract

ABSTRAKSI Pemerintah adalah pengatur negara yang memiliki wewenang atas dunia usaha yang meliputi kebijakan pajak, kualitas produk, pemasaran, transportasi, komunikasi, pelestarian lingkungan.Untuk memfokuskan penciptaan komunikasi yang baik dengan pemerintah, suatu organisasi perlu membuat departemen Government Relations. Government Relations adalah kegiatan Public Relations yang ditujukan kepada pemerintah. Dalam rumusan masalah yang diangkat adalah melihat strategi yang diterapkan oleh Government Relations Austasia Group dalam rangka membina hubungan baik dengan Direktorat Jenderal Peternakan, Departemen Pertanian. Penelitian ini didasarkan pada konsep – konsep yang berkaitan dengan strategi secara umum dan juga penerapan kegiatan government relations sebagai cara untuk melihat strategi yang diterapkan. Kegiatan Government Relations menurut Nurainun Simamora dalam buku yang berjudul Public Relations Dalam Sebuah Kegiatan, meliputi; memberikan sponshorship, kunjungan secara tetap, menerima kunjungan pemerintah, kerjasama kegiatan social, paket informasi, direct mail, komunikasi informal. Penelitian ini menggunakan penelitian tipe deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus.. Teknik pengumpulan data menggunakan in-depth interview sebagai data primer dan riset perpustakaan,studi data sebagai data sekunder. Key informan yang dipilih adalah Head of Government Relations dan Government Relations Officer Austasia Group. Wawancara pendukung juga dilakukan kepada 1 orang dari pihak Direktorat Jenderal Peternakan Departemen Pertanian. Strategi Government Relations yang dijalankan oleh Austasia Group dalam rangka membina hubungan baik dengan Direktorat Jenderal Peternakan Departemen Pertanian meliputi pengumpulan data dan fakta, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Data dan fakta dijadikan sebagai landasan untuk menetapkan perencanaan tindakan yang akan di ambil sesuai dengan sasaran dan tujuan. Tahap pelaksanaan yaitu dimana segala bentuk aktifitas government relations dijalankan seperti, kunjungan kepada pemerintah, paket informasi, kerjasama kegiatan social, menerima kunjungan dari pemerintah, komunikasi formal, direct mail dijalankan dan disesuaikan dengan tujuan. Evaluasi diadakan untuk melihat apakah aktifitas tersebut tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan. Strategi Government Relations Austasia Group yang sudah dilaksanakan dalam rangka membina hubungan baik dengan Direktorat Jenderal Peternakan Departemen Pertaninan sudah baik .

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 024
Call Number: SK/07/224 LID s
NIM/NIDN Creators: 0420311-043
Uncontrolled Keywords: STRATEGI GOVERNMENT
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Apr 2008 15:07
Last Modified: 06 Jul 2017 03:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37545

Actions (login required)

View Item View Item