Pola isi informasi pada catatan harian divisi quality control (QC) di PT. Poly packaging industry

Kumala, Junny (2007) Pola isi informasi pada catatan harian divisi quality control (QC) di PT. Poly packaging industry. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)

Abstract

ABSTRAKSI Komunikasi tidak terjadi dengan sendirinya, ada proses penciptaan, penyampaian dan intepretasi informasi hingga penerimaan informasi. Dalam sebuah organisasi tentunya ada Komunikasi Organisasi, dimana komunikasi adalah sebuah proses dinamik; dalam proses inilah informasi-informasi diciptakan, dimunculkan, dan ditafsirkan. Kerangka pemikiran tulisan ini berdasarkan pada.keinginan penulis untuk meneliti pola informasi dalam komunikasi organisasi, berdasarkan rekaman yang tertulis dan dibuat setiap hari oleh staf di divisi Quality Control di PT. Poly Packaging Industry; media komunikasi tertulis antara rekan sekerja dan antara bawahan kepada atasan ini adalah “Catatan Harian”. Proses analisa “Catatan Harian” ini menggunakan teknik analisa isi, dan menggunakan strategi komunikasi 7 C’s Communications sebagai acuan atau tool analysis untuk memperoleh gambaran pola isi media tertulis ini. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun “Catatan Harian” divisi Quality Control ini baru dimulai Oktober 2003. Jumlah formulir yang tercatat dari 1 Oktober 2003 hingga 30 September 2006 berjumlah 3000 lembar. Untuk melihat secara keseluhan penulis mempergunakan Sistematic Random Sampling sebanyak 12% atau 360 lembar untuk mewakili total populasi. Dari hasil analisa, diketahui bahwa pola informasi yang terutama adalah berbentuk laporan / temuan, kemudian informasi, keluhan dan saran. Media tertulis ini oleh karyawan di divisi Quality Control terutama dipergunakan untuk melaporkan temuan yang terjadi kepada atasan, dan rekan kerja di shift lainnya, selanjutnya untuk menginformasikan hal-hal yang perlu menjadi perhatian, kemudian keluhan atau hal-hal yang perlu dikomplain, terakhir adalah saransaran untuk memperbaiki suatu hal untuk memperlancar pekerjaan. Untuk memperkuat nilai keterandalan dalam analisa isi ini, maka dilakukan Uji Reliabilitas dan hasilnya menunjukkan kecocokan antar pelaku koding, dan nilai Intercoder Reliabilitynya masuk dalam kategori tingkat korelasi kesepakatan yang tinggi atau kuat. Selain itu di dalam kaitannya dengan 7C’s of communications. Isi Catatan Harian ini bisa dipercaya atau memiliki Credibility, karena berdasarkan fakta atau kejadiaan yang terjadi saat bekerja. Isinya selalu ada hubungannya dengan proses kerja atau Contextnya adalah hal yang terjadi dalam proses kerja. Contentnya atau isi memiliki arti bagi penerimanya, berupa laporan masalah atau temuan yang perlu diketahui rekan kerja shift berikutnya serta atasan. Mengenai Clarity atau kejelasan dari Isi informasi, umumnya jelas namun masih ada yang kurang jelas. Continuity dan Consistency muncul jika ada masalah yang tidak ditanggapi, informasi disampaikan terus menerus atau berulang, dan semua informasi konsisten dengan peristiwa yang terjadi. Menurut seluruh Key Informan media Catatan Harian ini merupakan saluran komunikasi atau Channel yang tepat. Terakhir mengenai Capability of the Audience, pada umumnya penerima mampu membaca isi pesan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 008
Call Number: SK/07/202 KUM p
NIM/NIDN Creators: 4420412-039
Uncontrolled Keywords: POLA ISI INFORMASI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Apr 2008 08:57
Last Modified: 06 Jul 2017 03:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37537

Actions (login required)

View Item View Item