Hubungan tayangan sinetron virgin di ANTV terhadap prilaku asertif remaja SMU (survey siswa-siswi kelas 1-11 SMU negeri 36 JAKARTA timur)

Wijayanti, Retno (2007) Hubungan tayangan sinetron virgin di ANTV terhadap prilaku asertif remaja SMU (survey siswa-siswi kelas 1-11 SMU negeri 36 JAKARTA timur). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKSI UNIVERSITAS MERCU BUANA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI JURUSAN BROADCASTING RETNO WIJAYANTI HUBUNGAN TAYANGAN SINETRON VIRGIN DI ANTV TERHADAP PERILAKU ASERTIF REMAJA SMU (Survey pada siswa-siswi kelas I dan II SMU Negeri 36 Jakarta Timur). Hal : 87 Halaman Bibliografi : 22 Sumber Sinetron merupakan salah satu program televisi yang memberikan hiburan bagi yang menontonnya. Sinetron atau sinema elektronik adalah fenomena khas dalam pertelevisian Indonesia. Sinetron yang ditampilkan di ANTV merupakan sinetron remaja virgin yang merupakan cerminan dari realita kehidupan moral remaja saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan antara sinetron virgin terhadap perilaku asertif remaja. Pada model komunikasi Lasswell dijelaskan bahwa proses komunikasi terjadi karena adanya Komunikator – pesan – media – komunikan - efek sebagai dasar penelitian karena dapat memberikan bentuk komunikasi yang sesungguhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Penelitian ini mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan daftar pertanyaan sebagai pengumpul data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas I dan II SMU Negeri 36 Jakarta Timur, tetapi dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampel sebanyak 316 responden saja dari keseluruhan populasi dikarenakan hanya 316 orang tersebut yang pernah melihat, memperhatikan dan menonton sinetron virgin di ANTV. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dengan nilai 0,994 dan signifikan antara variabel tingkat pengetahuan dan pemahaman terhadap sinetron virgin dengan variabel tingkat perilaku asertif remaja.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 07 032
Call Number: SK/07/157 WIJ h
NIM/NIDN Creators: 44105110031
Uncontrolled Keywords: SINETRON
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Apr 2008 14:40
Last Modified: 06 Jul 2017 03:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37529

Actions (login required)

View Item View Item