Tingkat kepuasan kerja karyawan terhadap komunikasi internal formal di perusahaan Yamaha Music Manufaturing Asia.

Dewi, Ayu Utami (2007) Tingkat kepuasan kerja karyawan terhadap komunikasi internal formal di perusahaan Yamaha Music Manufaturing Asia. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKSI AYU UTAMI DEWI (44205110083) Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan Terhadap Komunikasi Internal Formal Di Perusahaan Yamaha Music Manufacturing Asia Bekasi i – xv + 98 halaman; 57 tabel; 44 lampiran Kata kunci: Kepuasan Kerja Karyawan Dan Komunikasi Internal Formal Berkembangnya dunia usaha di Indonesia dalam era pasar bebas, khususnya bagi organisasi yang bertujuan laba merasakan bisnis semakin kompetitif. Untuk itu produktifitas kerja selalu berusaha diwujudkan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Karyawan yang bekerja secara maksimal, juga merupakan salah satu asset penting bagi kemajuan perusahaan. Untuk itu perlu diperhatikan dan dipenuhi kebutuhannya dengan membentuk suatu komunikasi yang baik secara informal atau formal, baik ke luar maupun di dalam perusahaan. Komunikasi yang berlangsung dalam perusahaan, baik itu vertikal, horisontal, juga diagonal, melahirkan suatu penilaian dari karyawan terhadap perusahaan. Bila komunikasi yang berlangsung itu dipersepsikan baik oleh karyawan, maka akan positif pula pandangan tentang komunikasi yang berkembang di perusahaan tersebut, begitu pula sebaliknya. Salah satu faktor yang mendukung dan mempengaruhi kepuasan kerja adalah komunikasi formal yang efektif. Berdasarkan hal di atas, maka penulis akan membahas komunikasi di dalam perusahaan dan kepuasan kerja karyawan di PT.Yamaha Music Manufacturing Asia (YMMA) Bekasi, menjadikan perusahaan yang memiliki formalisasi cukup tinggi ini sebagai objek penelitian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat kepuasan kerja karyawan terhadap komunikasi internal formal di PT.YMMA. Dalam penelitian kuantitatif ini, penulis menggunakan metode survey dengan menyebarkan kuisioner kepada karyawan secara proporsional 10% dari populasi 244 orang, terutama bagian front office sebanyak 96 orang sebagai sampel. Karena lebih sering berkomunikasi formal secara langsung dengan manajemen. Dari hasil penelitian, karyawan merasakan ke enam (6) indikator pada kepuasan kerja karyawan dalam perusahaan. Seperti sifat dasar pekerjaan dengan angka mencapai 65.63%, supervisori (kepemimpinan) dengan angka 48.27%, kompensasi (upah atau gaji) dengan angka 17.36%, promosi dengan angka 16.32%, hubungan interpersonal memegang peranan penting dengan angka mencapai 77.43% dan kebijakan atasan dan perusahaan dengan angka 35.77%. Sementara lima (5) indikator komunikasi internal formal yang berlangsung di antaranya, komunikasi horisontal (setara) yang berlangsung mencapai angka tertinggi yaitu 77.43%, komunikasi vertikal (bawahan kepada atasan) dengan angka 52.78%, komunikasi vertikal (atasan kepada bawahan) dengan angka 50.70%, komunikasi diagonal (lintas saluran, melintang) dengan angka 51.04%, saluran informasi dengan angka 43.40%. Dengan kata lain perusahaan yang kaitannya sebagai pimpinan memiliki tanggung jawab terhadap terciptanya kepuasan kerja dari komunikasi internal formal yang terjadi dalam PT.YMMA yang cukup kuat (positif) dan memuaskan. Untuk mendukung moral kerja karyawan, mewujudkan visi misi perusahaan, komunikasi yang terjadi sekarang harus terus ditingkatkan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 010
Call Number: SK/07/042 UTA t
NIM/NIDN Creators: 44205110083
Uncontrolled Keywords: KEPUASAN KERJA
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 22 Nov 2007 11:15
Last Modified: 06 Jul 2017 03:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37268

Actions (login required)

View Item View Item