Studi gangguan Hubung Singkat fasa Tiga Ke Tanah Pada Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) 20 KV Di Gardu Induk PLN Kembangan

Bahri, Saipul (2009) Studi gangguan Hubung Singkat fasa Tiga Ke Tanah Pada Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) 20 KV Di Gardu Induk PLN Kembangan. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
4140401-020 Saipul Bahri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)

Abstract

ABSTRAK PT. PLN (Persero) merupakan perusahaan listrik yang sangat penting peranannya dalam suatu penyaluran energi listrik ke setiap konsumen-konsumennya, dimana dalam penyaluran energi listrik ke konsumen tersebut banyak terjadi gangguan dalam penyaluran, diantaranya adalah gangguan hubung singkat pada jalur 20 kV. Gangguan hubung singkat dapat terjadi pada setiap jaringan tegangan tinggi, tegangan menengah maupun tegangan rendah. Gangguan hubung singkat pada jalur 20 kV tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi gangguan hubung singkat tersebut. Oleh karena itu, kontribusi PT. PLN (Persero) dalam mengatasi gangguan hubung singkat pada jalur 20 kV tersebut adalah dengan cara mengetahui gangguan tersebut secepat mungkin dan besar gangguan tersebut dapat diminimalisir. Sehingga, terjadinya pemadaman pada penyaluran energi listrik ke konsumen dapat dihindari sedini mungkin. Mengingat adanya gangguan yang terjadi pada jaringan PT. PLN (Persero) tersebut, maka penulis ingin menyampaikan masalah tersebut dengan batasan masalah yakni studi gangguan hubung singkat fasa tiga ke tanah pada saluran kabel tegangan menengah (SKTM) 20 kV di gardu induk PLN Kembangan, Jakarta-Barat dengan menggunakan penyulang Ji’ih. Perhitungan gangguan akan dilakukan dengan menggunakan perhitungan manual dan juga perhitungan dengan menggunakan program ETAP dikembangkan yang hasilnya sama dengan perhitungan manual.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/ELK. 09 057
Call Number: STI/09/624
NIM/NIDN Creators: 4140401-020
Uncontrolled Keywords: SALURAN KABEL TEGANGAN MENENGAH
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 19 Jan 2010 15:33
Last Modified: 04 Jul 2022 05:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/35898

Actions (login required)

View Item View Item