EFEK KOGNITIF DAN AFEKTIF PROGRAM LAPTOP SI UNYIL TRANS 7 PADA SISWA SISWI SMP NEGERI 201 CENGKARENG JAKARTA BARAT (PERIODE DESEMBER 2016)

YAMAN, PUTRI (2017) EFEK KOGNITIF DAN AFEKTIF PROGRAM LAPTOP SI UNYIL TRANS 7 PADA SISWA SISWI SMP NEGERI 201 CENGKARENG JAKARTA BARAT (PERIODE DESEMBER 2016). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text (BAB II)
04.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (BAB III)
05.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (BAB IV)
06.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (BAB V)
07.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
08.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tayangan di televisi merupakan komoditas premier yang dibutuhkan orang berkaitan dengan semakin maju dan berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi di Indonesia. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan peran media massa dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat atas informasi tersebut dirasakan dengan semakin banyaknya efek yang di timbul oleh televisi baik positif maupun negatif. Dalam tayangan Laptop Si Unyil di TRANS7 adalah sebuah program anak-anak yang memberikan informasi mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi serta membahas juga mengenai permainan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Teori yang digunakan ialah S-O-R (Stimulus-Organisme-Respon) teori ini merupakan teori untuk komunikasi massa yang dimana melihat pengaruh atau efek yang terjadi pada pihak penerima, pada dasarnya merupakan suatu reaksi tertentu dari stimulus (rangsangan) tertentu. Dengan demikian, besar kecilnya pengaruh atau efek serta dalam bentuk apa pengaruh atau efek tersebut terjadi tergantung pada isi dan penyajian stimulus yang nantinya akan menimbulkan pendapat dari pihak penerima Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dan memakai kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 201 Cengkareng Jakarta Barat sebanyak 769 orang. 88 orang dijadikan sampel dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik penarikan sampel adalah Purposive Sample. Hasil penelitian efek kognitif dan afektif memiliki pengetahuan sangat tinggi sebanyak 48 responden atau 54,5% dan efek afektif memiliki sikap sangat positif sebanyak 51 responden atau 58%. Akumulasi Efek Kognitif dan Afektif Program Laptop Si Unyil di TRANS7 pada Siswa-siswi SMP Negeri 201 Cengkareng Jakarta Barat menunjukkan siswa siswi dalam kategori Pengetahuan dan sikap Sangat Tinggi/Positif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 17 070
NIM/NIDN Creators: 44113010010
Uncontrolled Keywords: Efek Kognitif, Efek afektif dan Teori S-O-R
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast > 070.195 Television/Televisi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 04 May 2017 13:31
Last Modified: 21 Mar 2024 06:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/33950

Actions (login required)

View Item View Item