STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA DALAM MEMBANGUN BRAND DESTINASI WISATA KOTA JAKARTA BAGI WISATAWAN MANCANEGARA (Periode Augustus 2016-Februari 2017)

BOENTAR, SONY (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA DALAM MEMBANGUN BRAND DESTINASI WISATA KOTA JAKARTA BAGI WISATAWAN MANCANEGARA (Periode Augustus 2016-Februari 2017). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN COVER.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text (BBA III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)

Abstract

Pariwisata telah menjadi fenomena sosial dan ekonomi yang menarik hati, dimana kajian kajian – kajian komunikasi menjadi ranah kajian yang paling strategi ketika ditinjau dari fenomena tersebut. Kota Jakarta adalah Ibu kota negara Indonesia yang pariwisatanya masih kalah dengan provinsi Bali. Padahal kota Jakarta memiliki berbagai objek pariwisata yang tidak kalah menarik dari Bali dan kota kota lainya. Image Jakarta seperti kota macet, jorok, dan tidak aman menjadi tugas Pemprov DKI dalam membenahi Jakarta dengan berbagai program. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang mengacu pada konsep Marketing Public Relation terkait dalam membangun brand destinasi kota Jakarta, berdasarkan teori MPR Thomas L Harris dalam buku The Marketer’s Guide To Public Relations dan Buku Burhan Bungan dalam judul Komunikasi Pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah wawancara mendalam kepada narasumber.Hasil penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi dinas pemasaran dinas pariwisata dalam membangun brand destinasi kota Jakarta bagi wisatawan mancanegara dari strategi Pull dimana strategi ini menggunakan website Enjoy Jakarta dan kampanye Explore Futher, untuk strategi Push dengan mengikuti World Halal Tourism di Abu Dhabi. Komunikasi pemasaran terpadu menggunakan travel agent sebagai sarana pemasaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Dinas Pariwisata Jakarta masih belum maksimal dalam kegiatan promosi Jakarta, karena mereka masih ketergantungan dengan Kementrian pariwisata dalam kegiatan promosi. Penggunaan website dan pengenalan logo Enjoy Jakarta kurang di optimalkan, ada baiknya Dispar Jakarta mengeluarkan sedikit biaya dengan menyewa sebuah bis atau kereta yang dihiasi dengan logo Enjoy Jakarta. Jakarta masih tabu akan hal – hal yang diluar budaya ketimuran, itulah sebabnya objek wisata yang dianggap “maksiat” masih sulit berdiri di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 17 054
NIM/NIDN Creators: 44212120044
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOMUNIKASI
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Produk
Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Teknik Desain dan Interior (D3)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi (D3)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 26 Mar 2017 13:16
Last Modified: 06 Feb 2024 07:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/33750

Actions (login required)

View Item View Item