PENGARUH MESSAGE FRAMING DAN KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM KAMPANYE SAFETY RIDING TERHADAP SIKAP BERKENDARA YANG AMAN (PENDEKATAN SOSIAL MARKETING) ( Studi Kasus Mahasiswa Reguler Univeritas Mercu Buana )

RIZAL, ZUL QOHRY (2017) PENGARUH MESSAGE FRAMING DAN KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM KAMPANYE SAFETY RIDING TERHADAP SIKAP BERKENDARA YANG AMAN (PENDEKATAN SOSIAL MARKETING) ( Studi Kasus Mahasiswa Reguler Univeritas Mercu Buana ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1.COVER.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.Abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (BAB II)
4.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (BAB III)
5.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB)
[img] Text (BAB IV)
6.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN)
8.DAFTAR PUSTAKA & Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitianini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Message Framing dan Komunikasi Persuasif dalam Kampanye Safety Riding terhadap Sikap Berkendara yang Aman (Pedekatan Sosial Marketing). Penelitian ini dilakukan terhadap 168 responden dengan syarat responden pengendara roda dua atau roda empat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purpose sampling, sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) pada Program Lisrel. Hasil Pengujian Hipotesis menunjukan bahwa variabel message framing tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel sikap. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-value 0.81, lebih kecil dari nilai t-tabel 1.96. Artinya, message framing terkait keselamatan berkendara kurang bisa mengubah sikap para pengendaranya di jalanan. Sedangkan variabel komunikasi persuasif berpengaruh signifikan terhadap variabel sikap. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-value 5.55, lebih besar dari nilai t-tabel 1.96. Artinya, komunikasi secara persuasif dalam mengajak masyarakat untuk berhati – hati dan aman dalam berkendaran mengubah sikap para pengendaranya secara safety riding di jalanan. Model penelitian yang diuji dalam penelitian ini mampu memenuhi kriteria pengujian kelayakan model.This study aims to assess and analyze the impact of message framing and persuasif communication in safety riding campaign to safe driving attitude (social marketing approach). This study conducted on 168 respondents on condition respondent motorcycle or car riders. Sampling tecnique in this research is purposive sampling, and analysis tools in this study is Structural Equation Modeling (SEM) on Lisrel program. The result of hypotesis test shows that message framing variable no significant effect to attitude variable. This is shown from t-value score 0,81 less than t-table score 1,96. It means message framing related of safety riding can’t change riders attitude. While, persuasif communication variable has significant effect to attitude variable. This is shows from t-value score 5,55 more than t-table score 1,96. It means, persuasif communication can persuade all of society to be carefully and safety in driving. Research model tested in this study were able to fulfill the criteria for eligibility testing models.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 17 339
NIM/NIDN Creators: 43113010069
Uncontrolled Keywords: Message Framing, Komunikasi Persuasif dan Sikap
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 130 Paranormals/Paranormal > 133 Parapsychology and Occultism/Parapsikologi dan Ilmu Ghaib > 133.9 Spiritualism/Spiritualisme yang Berhubungan dengan Roh Halus > 133.93 Psychic Messages/Pesan psikis
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Mar 2017 14:12
Last Modified: 05 Feb 2024 07:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/33451

Actions (login required)

View Item View Item