Strategi Humas Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI dalam Media Relations Untuk Menginformasikan Visit Indonesia Year 2008

Sinaga, Christina N. (2007) Strategi Humas Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI dalam Media Relations Untuk Menginformasikan Visit Indonesia Year 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Nama : Christina N. Sinaga NIM : 0420-115 Judul Skripsi : Strategi Humas Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI dalam Media Relations Untuk Menginformasikan Visit Indonesia Year 2008 Bibliografi : xiii+147 hal+30 lampiran+2 gambar+ 30 Bibliografi (1992- 2008) Strategi Humas Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI dalam media relations adalah cara yang digunakan untuk terciptanya hubungan yang baik dengan media dan kerja sama untuk kepentingan proses publikasi dan publisitas berbagai informasi mengenai program kerja nasionalnya Visit Indonesia Year 2008 dalam kepada masyarakat. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana strategi Humas Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI dalam media relations untuk menginformasikan Visit Indonesia Year 2008. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menjelaskan strategi Humas Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI dalam media relations untuk menginformasikan Visit Indonesia Year 2008. Strategi Humas menurut penjabaran Ronald D. Smith Ronald D Smith, terdiri dari 4 fase yang di dalamnya terdapat 9 step yang digunakan untuk menyusun strategi kehumasan. Fase tersebut yakni Formative Research, terdiri dari step analisa situasi, analisa organisasi, dan analisa publik. Fase kedua adalah Strategi, di dalamnya terdapat menentukan sasaran dan tujuan, formula aksi dan respon strategi, dan menggunakan komunikasi efektif. Yang ketiga adalah Fase Taktik, di dalamnya terdapat pemilihan taktik komunikasi dan implementasi rencana strategis. Fase yang terakhir adalah Riset Evaluasi, di dalamnya terdapat evaluasi perencanaan strategis. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus untuk menguraikan strategi humas menurut penjabaran oleh Ronald D. Smith yang digunakan dalam pelaksanaan media relations oleh Humas Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI, dilengkapi dengan pendapat beberapa narasumber media tentang pelaksanaan Strategi Humas Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI dalam media relations untuk menginformasikan Visit Indonesia Year 2008, yang dilakukan dengan wawancara mendalam menggunakan teknik analisa data triangulasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Strategi Humas yang dibuat oleh Ronald D Smith telah diterapkan oleh Humas Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI dalam media relations untuk menginformasikan Visit Indonesia Year 2008. Dari hasil penelitian, bahwa pelaksanaan Strategi Humas Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI dalam media relations untuk menginformasikan Visit Indonesia Year 2008 belum tepat sasaran disebabkan masalah kewenangan, dan salah satu akibat kurangnya pengalokasian anggaran menyebabkan pemberian informasi yang bergilir pada media dalam suatu event.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 100
NIM/NIDN Creators: 04203-115
Uncontrolled Keywords: Strategi Humas
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 25 Mar 2009 10:35
Last Modified: 05 Jun 2017 07:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/31019

Actions (login required)

View Item View Item