Penerapan pola arsitektur aplikasi (Patterns of enterprise application architecture) dalam rekayasa perangkat lunak berbasis .Net

Irawan, Fery (2007) Penerapan pola arsitektur aplikasi (Patterns of enterprise application architecture) dalam rekayasa perangkat lunak berbasis .Net. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
0150311-174 Fery Irawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB)

Abstract

Dalam pengembangan perangkat lunak, sering kali dijumpai hal-hal yang membuat proyek tersebut menjadi sebuah mimpi buruk, baik bagi pengembang maupun bagi penggunanya. Hal ini antara lain disebabkan karena spesifikasi sistem yang senantiasa berevolusi selama pengembangan sistem. Pada awal proyek, pengembang dan pengguna sepertinya berada pada persepsi yang sama akan spesifikasi sistem. Seiring berjalannya waktu dan dimulainya implementasi sistem, pengguna mulai melihat ada bagian-bagian dari spesifikasi yang telah diimplementasikan pengembang yang ternyata berbeda dari apa yang diinginkannya. Agar mampu mengantisipasi perubahan-perubahan seperti itu, diperlukan penerapan metodologi pengembangan perangkat lunak yang mampu beradaptasi terhadap perubahan. Pengembang perlu bergeser dari paradigma metodologi waterfall - di mana spesifikasi ditetapkan sebagai sesuatu yang tidak akan berubah selama pengembangan sistem - dan beralih pada paradigma agile – responding to change over following a plan. Tulisan ini mencoba membahas bagaimana penerapan pola arsitektur aplikasi (Patterns of Enterprise Aplication – [2]) dalam rekayasa perangkat lunak berbasis .NET agar perangkat lunak yang dihasilkan senantiasa dapat beradaptasi terhadap perubahan dengan tetap mempertahankan kualitas internal nya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/INFO 07 004
Call Number: SIK/09/057
NIM/NIDN Creators: 0150311-174
Uncontrolled Keywords: REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 25 Nov 2022 03:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/31009

Actions (login required)

View Item View Item