Strategi kreatif iklan tv Bank BTN Batara prima (versi balon zeppelin)

Syaefuddin, Achmad (2007) Strategi kreatif iklan tv Bank BTN Batara prima (versi balon zeppelin). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)

Abstract

ABSTRAKSI Achmad Syaefuddin Strategi kreatif Iklan TV Bank BTN Batara Prima “versi balon zeppelin” xii + 77 halaman ; 17 lampiran Bibliografi : 20 Acuan (1984-2003) Dalam membuat iklan diperlukan adanya strategi kreatif agar tampilan visualisasinya menarik dan mudah diingat khalayak. Strategi kreatif memiliki peran yang sangat besar dalam kreatif iklan di media televisi. Bank BTN sebagai bank pemerintah yang telah berpengalaman selaku produsen dari Tabungan Batara Prima melakukan kampanye secara strategis (membangun dan mempertahankan image/citra) dengan membuat iklan televisi yang menggunakan “balon zeppelin” sebagai versinya, bekerjasama dengan Artek n’ Partner Communication selaku biro iklannya. Dalam proses pembuatan iklan tabungan batara prima dan biro iklan menerapkan suatu strategi dalam menerapkan proses kreatif iklannya. Dari latar belakang tersebut, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif dalam pembuatan iklan TV Bank BTN Batara Prima versi balon zeppelin. Konsep yang digunakan mengacu pada konsep teori model Laswell yang menjelaskan tentrang proses komunikasi, strategi kreatif periklanan yang dikeluarkan oleh Sandra Moriarty dan tahap-tahap dalam menghasilkan ide yang dikeluarkan oleh Don. E. Schultz Sedangkan metode penelitian yang digunakan menggunakan metode studi kasus dengan tipe penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan memperoleh data atau informasi dengan melakukan wawancara mendalam beberapa narasumber, yaitu creative dept. dan account executive dari pihak artek n’ partners communication selaku biro iklan. Hasil secara keseluruhan mengenai strategi kreatif iklan Tabungan Batara Prima “versi balon zeppelin”, bahwa pembuat iklan mencoba menampilkan sesuatu yang unik, yakni menciptakan USP (unique selling point) dengan menggunakan visualisasi dari balon zeppelin. Dari sesuatu yang unik tersebut disimpulkan bahwa pembuat iklan mencoba mengingatkan, menanamkan dan meyakinkan konsumen dengan suatu tema-tema iklan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 07 019
Call Number: SK/07/271 SYA s
NIM/NIDN Creators: 04301-003
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KREATIF IKLAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Apr 2008 10:16
Last Modified: 05 Jun 2017 05:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30890

Actions (login required)

View Item View Item