Efek kognitif dan afektif tayangan film kartun spongebob di global tv periode januari 2007 terhadap siswa/i SDN 10 Petang rawa buaya Jakarta barat

Hudianto, Agung (2007) Efek kognitif dan afektif tayangan film kartun spongebob di global tv periode januari 2007 terhadap siswa/i SDN 10 Petang rawa buaya Jakarta barat. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKSI Universitas Mercu Buana Fakultas Ilmu Komunikasi Jurusan Jurnalistik AGUNG HUDIANTO (04102-056) EFEK KOGNITIF DAN AFEKTIF TAYANGAN FILM KARTUN SPONGEBOB DI GLOBAL TV PERIODE JANUARI 2007 TERHADAP SISWA/I SDN 10 PETANG RAWA BUAYA JAKARTA BARAT (xii + 84 halaman; 29 tabel, lampiran 45) Bibligrafi = 25 buku (tahun 1981-2004) Film animasi adalah penemuan teknologi terbaru yang memiliki kemampuan mengantar pesan secara unik dan pengaruh yang luar biasanya terhadap penontonnya, film yang mampu menyajikan pesan yang ditangkap (diterima) dan ditempatkan dalam ingatan pemirsa khususnya remaja dan anak – anak secara optimal dibandingkan media lainnya. Sehingga dampak yang ditimbulkan oleh film khususnya kepada anak – anak sangat mengkhawatirkan. Perumusan masalah dari penelitian ini adalah hampir tidak ada anak yang tidak suka menonton televisi dan berbagai hal yang disajikan merupakan siaran yang memikat dan menyenangkan. Dewasa ini banyak film yang ditayangankan khusus untuk anak – anak yang mengandung contens unsur kekerasan (Kompas ). Pada model Comstcok menjelaskan tentang efek langsung terhadap tingkatlaku, dengan ikut pula memperhitungkan efek hiburan yang diinginkan, jadi pesan yang disampaikan oleh televisi akan dicerna dan kemudian dilakukan oleh anak – anak, film kartun SpongeBob merupakan pesan yang disampaikan oleh televisi kepada anak – anak, dari situ akan timbul dampak yang mempengaruhi sikap anak. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian in bersifat deskriptif yaitu hanya melaporkan situasi atau peristiwa, dan tidak menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Yang mengambil sample dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai pengumpul data, yang dijadikan populasi dalam penelitian ini anak – anak dari SDN 10 Petang Rawa Buaya dan mengambil sample dari 6 kelas dan di pilih secara acak dari masing – masing kelas dan menggunakan sample sebanyak 75 siswa/i. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek kognitif dan afektif tayangan film kartun SpongeBob di Global TV periode Januari 2007 terhadap siswa/i SDN 10 Petang Rawa Buaya sangat memilik indikator TINGGI dengan nilai 39 - 27

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 07 023
Call Number: SK/07/265 HUD e
NIM/NIDN Creators: 04102-056
Uncontrolled Keywords: EFEK KOGNITIF DAN AFEKTIF
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Apr 2008 15:09
Last Modified: 05 Jun 2017 06:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30885

Actions (login required)

View Item View Item