Strategi kampanye helen keller international dalam penyuluhan vitamin A pada ibu nifas pada dinas kesehatan di pandeglang Banten

Indriani, Eka (2007) Strategi kampanye helen keller international dalam penyuluhan vitamin A pada ibu nifas pada dinas kesehatan di pandeglang Banten. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan skripsi ini adalah: Bagaimanakah strategi yang digunakan Helen Keller International dalam penyuluhan “ Vitamin A bagi ibu nifas “ pada dinas kesehatan di Pandeglang, Banten?” penulis melakukan penelitian guna mengetahui strategi yang digunakan oleh HKI dalam kampanye kapsul Vitamin A yang dilakukan pada dinas kesehatan Pandeglang, Banten. Sifat penelitian yang digunakan adalah analisa dekriptif dimana penulis berusaha untuk mengungkapkan masalah, keadaan secara obyektif, berdasarkan fakta yang ada. Metode penelitian dalam penelitian ini dengan melakukan studi kasus menggunakan pemaparan deskriptif kualitatif, dimana penulis mengadakan studi terhadap kampanye yang dilakukan oleh HKI ,dengan melakukan interview mendalam terhadap pihak Helen Keller International serta staff Dinas kesehatan Pandeglang. Wawancara yang dilakukan bersifat informal selain itu dengan menggunakan data yang bersifat sekunder yang dapat menunjang penelitian terhadap kampanye yang dilakukan oleh HKI. Tehnik analisa data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi dengan sumber, yakni dengan cara membandingkan keadaan dan perspektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang dari berbagai lapisan masyarakat. Pandangan pihak HKI terhadap kampanye yang dilakukan untuk kemudian dibandingkan dengan pendapat dan pandangan orang lain, dalam penelitian ini pendapat dan pandangan berasal dari staff dinas kesehatan Pandeglang serta non formal health workers ( kader dan paraji ). Dari hasil penelitian diketahui bahwa kampanye yang dilakukan menggunakan strategi dan kampanye Humas dengan penggabungan beberapa teknik kampanye yang telah ada, penggunaan beberapa teknik kampanye ( teknik partisipasi,ganjaran dan penataan patung es) secara bersamaan dalam kampanye yang dilakukan menimbulkan dampak positif terhadap cakupan kapsul vitamin A bagi ibu nifas di Pandeglang,Banten. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari berbagai aspek diantaranya dari meningkatnya cakupan vitamin A untuk ibu nifas serta pandangan masyarakat Pandeglang terhadap kampanye kapsul vitamin A bagi ibu nifas yang telah dilakukan HKI.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 002
Call Number: SK/07/266 IND s
NIM/NIDN Creators: 4420412-070
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KAMPANYE
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Apr 2008 15:03
Last Modified: 04 Jun 2017 05:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30884

Actions (login required)

View Item View Item