Strategi komunikasi pemasaran PT. Sony BMG MUSIK entertainment indonesia dlm pemasaran album sheila on 7 (album pejantan tangguh

Anwar, Khairul (2007) Strategi komunikasi pemasaran PT. Sony BMG MUSIK entertainment indonesia dlm pemasaran album sheila on 7 (album pejantan tangguh. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKSI Promosi merupakan langkah penting bagi perusahaan label musik terkemuka di Indonesia dalam menjalankan aktifitas sebagai industri hiburan yang professional dan mencari keuntungan melalui artis-artis dan album lagu yang diorbitkannya, akan tetapi persaingan baik antara perusahaan label musik serta artis-artisnya semakin ketat, sehingga berpengaruh dalam penjualan album lagu. Sheila On 7 dalam album “Pejantan Tangguh” sebagai objek penelitian ini mengalamai persentasi yang menurun dalam penjualan album “Pejantan Tangguh” ini oleh PT. SonyBMG Music Entertainment Indonesia. Sehingga penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh dengan rumusan masalahnya, yaitu strategi komunikasi pemasaran PT. SonyBMG Music Entertainment Indonesia dalam memasarkan album “Pejantan Tangguh” oleh Sheila On 7. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah A System of Marketing Communication dari Chris Fill yang terdiri dari Key Factor Analysis, Promotion Objective, Positioning, Budget serta Research and Evaluation. Selain teori tersebut, terdapat teori yang menjelaskan mengenai alat komunikasi pemasaran yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, humas, penjualan tatap muka, dan pemasaran langsung. Sifat penelitian ini menggunakan penelitian dekriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode indepth interview atau wawancara langsung dengan narasumber dari PT. SonyBMG Music Entertainment Indonesia, serta studi kepustakaan yang terkait dengan strategi komunikasi pemasaran. Hasil penelitian yang didapat adalah Sheila On 7 tidak melakukan inovasi dan metode khusus yang berbeda dengan artis lainnya dalam melakukan promosi album “Pejantan Tangguh”, strategi yang dilakukan adalah promosi melalui radio dengan pemutaran lagu hitsnya secara berkala, pemutaran video klip di TV, dan promo-tour ke kota-kota di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 07 066
Call Number: SK/07/161 ANW s
NIM/NIDN Creators: 04301-055
Uncontrolled Keywords: PEMASARAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Apr 2008 15:12
Last Modified: 05 Jun 2017 07:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30827

Actions (login required)

View Item View Item