Persepsi wartawan terhadap aktivitas media relations gerai informasi dan media pusat informasi dan hubungan masyarakat departemen pendidikan nasional periode januari-juli 2007

Anugrahmawaty, Denty (2007) Persepsi wartawan terhadap aktivitas media relations gerai informasi dan media pusat informasi dan hubungan masyarakat departemen pendidikan nasional periode januari-juli 2007. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAKSI Nama : Denty Anugrahmawaty NIM : 04203-042 Judul : Persepsi Wartawan terhadap Aktvitas Media Relations Gerai Informasi dan Media (GIM) Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (PIH) Departemen Pendidikan Nasional Bibliografi : 34 Buku (1982-2006) Depdiknas adalah departemen yang bertugas menangani berbagai masalah seputar dunia pendidikan dan pengajaran di Indonesia. Otomatis, instansi tesebut memiliki stakeholder dari berbagai kalangan. Seperti berbagai lembaga pendidikan, organisasi swasta, institusi sosial kemasyarakatan hingga media massa. Menyinggung hubungan dengan wartawan, masalahnya tidak selalu publikasi yang ada di media massa bernilai positif bagi instansi. Di sisi lain, keluhan masyarakat akan minimnya sosialisasi pendidikan menimbulkan persepsi negatif di benak publik. Realita ini peneliti ketahui dari hasil media monitoring GIM dan keluhan masyarakat yang disampaikan kepada peneliti saat peneliti magang di GIM. Pentingnya membina media relations, disadari betul oleh Depdiknas, sehingga pada Februari 2006 PIH Depdiknas secara resmi mengoperasikan sebuah media center guna memaksimalkan perannya sebagai penyedia informasi bagi publik dan wartawan yang diberi nama Gerai Informasi dan Media (GIM). Adapun tujuan penelitian yang ingin peneliti capai adalah mengetahui persepsi wartawan terhadap aktivitas media relations Gerai Informasi dan Media (GIM) Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (PIH) Depdiknas. Persepsi adalah persepsi adalah suatu proses kognitif yang dialami oleh setiap orang dalam memahami informasi tentang lingkungannya kemudian diinterpretasikan sehingga memperoleh makna tertentu. Tipe penelitian ini adalah deskriptif. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampling karena jumlah populasinya 25 orang (sesuai dengan teori Suharsimi Arikunto bahwa populasi kurang dari 100, diambil semua). Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah adalah survei dengan kuesioner dan wawancara mendalam (indepth interview) sebagai teknik pengumpulan data primer. Sebagai teknik pengumpulan data sekunder, peneliti melakukan studi kepustakaan dan penelusuran data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi wartawan terhadap aktivitas media relations GIM positif. Dengan demikian, PIH Depdiknas telah berhasil menyelenggarakan aktivitas media relations bagi wartawan di GIM. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah PIH Depdiknas memperoleh persepsi positif terkait dengan aktivitas media relations GIM. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah perlu ditingkatkannya kualitas dan kuantitas SDM GIM. Dengan demikian, di masa mendatang operasional GIM terkait dengan penyelenggaraan media relations berjalan dengan lebih optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 001
Call Number: SK/07/118 DEN a
NIM/NIDN Creators: 04203-042
Uncontrolled Keywords: AKTIVITAS MEDIA RELATIONS
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Feb 2008 11:54
Last Modified: 05 Jun 2017 07:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30594

Actions (login required)

View Item View Item