Tingkat pengetahuan khalayak terhadap iklan stikko fingers versi bunga citra lestari pada media televisi komersial

Iqbal, Muhammad (2007) Tingkat pengetahuan khalayak terhadap iklan stikko fingers versi bunga citra lestari pada media televisi komersial. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)

Abstract

ABSTRAKSI Stikko Fingers merupakan produk inovasi dari PT. Arnott’s Indonesia. Stikko Fingers mulai menerobos pasar wafer stick yang beraneka rasa. Berbagai macam promosi dilakukan mulai dari radio comm, Pos Material dan TVC, digunakan untuk mendongkrak popularitas produk. Peneliti tertarik pada TVC sebagai media beriklan karena media TVC merupakan salah satu media pandang dengar (audio visual) yang paling kuat dalam mempengaruhi khalayaknya. Penayangan iklan pada televisi dapat dikatakan efektif dan efesien karena dapat menjangkau khalayak secara luas. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat pengetahuan khalayak terhadap iklan Stikko Fingers versi Bunga Citra Lestari pada media televisi komersial. Teori yang digunakan untuk membahas pengetahuan khalayak yaitu Hierarcy Effect dan Dagmar pada tahapan kognitif dan pendekatan formula Lasswell yaitu who, says what, in which channel, to whom, with what effect. Efek komunikasi mengacu pada tingkat pengetahuan Roggers yaitu tingkat pengetahuan sadar kenal, tingkat pengetahuan teknis dan tingkat pengetahuan prinsip. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, sedangkan metode penelitian survai. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Sampel diambil sebanyak 92 responden didapat berdasarkan rumus Tabel Taro Yamane dari populasi 1100 responden. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa tingkat pengetahuan khlayak terhadap iklan Stikko Fingers versi Bunga Citra Lestari termasuk dalam kategori tinggi. Dalam hal ini meliputi tingkat pengetahuan sadar kenal, tingkat pengetahuan teknis dan tingkat pengetahuan prinsip.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 07 060
Call Number: SK/07/117 MUH t
NIM/NIDN Creators: 04300-047
Uncontrolled Keywords: TINGKAT PENGETAHUAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Feb 2008 11:49
Last Modified: 05 Jun 2017 05:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30593

Actions (login required)

View Item View Item