Strategi promosi SLI 001 dalam mempertahankan pelanggan periode 2005-2007

Yusnita, Rini (2007) Strategi promosi SLI 001 dalam mempertahankan pelanggan periode 2005-2007. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB)

Abstract

ABSTRAKSI Rini Yusnita Strategi Promosi SLI 001 Dalam Mempertahankan Pelanggan Periode 2005-2007 87 halaman + 17 lampiran Bibliografi 26 acuan ( 1995 – 2006 ) Perubahan regulasi dengan diberlakukannya UU No: 36/1999 menyebabkan munculnya kompetitor yang merenggut pelanggan SLI 001 dan menurunnya market share. Strategi promosi yang tepat baik dari tahap awal sampai dengan implementasinya merupakan hal yang sangat penting sehingga pelanggan SLI 001 dapat dipertahankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Promosi SLI 001 yang dilakukan oleh PT Indosat dalam mempertahankan pelanggan. Hal ini menarik untuk diteliti karena SLI 001 yang dulunya merupakan satu-satunya jasa Sambungan Langsung Internasional ( SLI ) sehingga menguasai market share, namun dengan diberlakukannya UU No: 39/1999, maka kompetitor mulai bermunculan yang merenggut market share serta pelanggan SLI 001. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus dan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan narasumber terkait guna memperoleh gambaran mengenai strategi promosi SLI 001 dalam mempertahankan pelanggan. Pada penelitian ini kerangka pemikiran yang digunakan adalah : Pengertian Komunikasi Pemasaran, Bauran Promosi, Strategi Promosi, Promosi Penjualan, Konsep Pelanggan, dan Analisa SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat dan diolah penulis, diketahui bahwa strategi promosi SLI 001 yang dilakukan PT Indosat untuk mempertahankan pelanggan SLI 001 adalah dengan metode Pulling Strategy dengan melakukan kegiatan promosi penjualan sesuai target market SLI 001 baik dengan kegiatn ATL maupun BTL dengan frekuensi yang tidak terlalu tinggi karena memang tahap product life cycle SLI 001 adalah declining.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 07 050
Call Number: SK/07/103 YUS s
NIM/NIDN Creators: 44305110038
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PROMOSI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Feb 2008 11:00
Last Modified: 04 Jun 2017 05:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30585

Actions (login required)

View Item View Item