Perhitungan kapasitas dan tekanan kerja kompresor udara pada SHEET METAL SHOP di SMK PENERBANGAN DIRGANTARA kecamatan legok TANGERANG

widodo, Ego (2007) Perhitungan kapasitas dan tekanan kerja kompresor udara pada SHEET METAL SHOP di SMK PENERBANGAN DIRGANTARA kecamatan legok TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)

Abstract

Dalam skripsi ini penulis menganalisa Perhitungan Kapasitas dan Tekanan Kerja Kompesor Udara pada Sheet Metal Shop di SMK Penerbangan Dirghantara Kecamatan Legok, Tangerang. Pekerjaan – pekerjaan praktikum di Sheet Metal Shop sebagian menggunakan peralatan yang menggunakan udara bertekanan (air pressure) sebagai tenaga penggeraknya, sehingga dibutuhkan kapasitas dan tekanan kerja kompresor yang cukup agar peralatan tersebut dapat beroperasi dengan baik. Kapasitas kompresor udara yang dibutuhkan dihitung dengan cara menjumlahkan jumlah udara yang dikeluarkan oleh kompresor untuk mengerakkan peralatan udara tekan dengan jumlah udara keluar dari sistem udara tekan karena kebocoran yang diijinkan. Kapasitas kompresor untuk Sheet Metal Shop dengan kapasitas 15 orang pada SMK Penerbangan Dirghantara direkomendasikan minimal sebesar 0,03201m3/dtk (atau setara dengan 68 CFM; 1921 liter/menit; 116 m3/hour). Tekanan kerja kompresor udara dihitung dengan cara menjumlahkan tekanan kerja alat udara tekan dengan kerugian tekanan yang terjadi pada jaringan pipa. Ada dua jaringan pipa yang ditawarkan kepada pihak SMK Penerbangan yang dapat menjadi pilihan sesuai dengan luas ruangan yaiu jaringan pipa 1 dan jaringan pipa 2. Tekanan kerja kompresor untuk Sheet Metal Shop dengan tekanan kerja alat udara tekan sebesar 6,2 Bar pada SMK Penerbangan Dirghantara direkomendasikan minimal sebesar 7,6 Bar (atau setara dengan 111 psi) untuk jaringan pipa 1 dan 7,8 Bar (setara dengan 114 psi) untuk jaringan pipa 2.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/MSN. 07 075
Call Number: STI/07/255 WID p
NIM/NIDN Creators: 0130312-040
Uncontrolled Keywords: KAPASITAS KOMPRESOR
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 31 Jan 2008 12:20
Last Modified: 05 Jun 2017 02:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30562

Actions (login required)

View Item View Item