Analisa pembuatan mould radiator ADR 239 ditinjau dari langkah design,perhitungan,permesinan untuk produksi pt selamat sempurna tbk

Widayanto, Rais (2007) Analisa pembuatan mould radiator ADR 239 ditinjau dari langkah design,perhitungan,permesinan untuk produksi pt selamat sempurna tbk. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Melihat persaingan industri dibidang otomotif khususnya, dituntut untuk dapat memaksimalkan produktifitas, efektifitas serta efisiensi biaya kerja dan menciptakan kondisi kerja dan peralatan kerja yang tepat guna. Dari hasil evaluasi pembuatan mould yang dilakukan di PT. SELAMAT SEMPURNA.Tbk masih ditemukan adanya pemborosan waktu dan biaya yang berdampak langsung terhadap tingginya biaya produksi. Salah satu contoh yaitu pembuatan mould ADR 239, dimana terjadi pemborosan waktu pada permesinan di cetakan atas (cavity b), yaitu pada dudukan sisipan cetakan (insert cavity) dan dudukan cegatan (slider). Oleh karena itu untuk mengurangi waktu permesinan dicetakan bawah, maka dari konsep sisipan cetakan ditanam di cetakan bawah dirubah menjadi sisipan cetakan di atas cetakan bawah. Dengan konsep tersebut didapatkan waktu permesinan dari 411,19 menit menjadi 70,81 menit sehingga kita dapat menekan biaya. Dan dari konsep lebih memudahkan dalam proses repairnya tanpa mengurangi dari kualitas dan fungsi dari mould tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/MSN. 07 116
Call Number: STI/07/234 WID a
NIM/NIDN Creators: 0130311-063
Uncontrolled Keywords: PEMBUATAN MOULD RADIATOR ADR
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 22 Jan 2008 14:27
Last Modified: 05 Jun 2017 02:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30535

Actions (login required)

View Item View Item