Analisa perbedaan waktu dalam pembuatan program CAM dan manual dalam proses permesinan milling CNC pada komponen Bottom Plate Dies End Plate.

Heri, Mochamad (2007) Analisa perbedaan waktu dalam pembuatan program CAM dan manual dalam proses permesinan milling CNC pada komponen Bottom Plate Dies End Plate. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Waktu dalam dunia industri adalah suatu hal yang sangat berpengaruh pada proses produksi terutama pada proses permesinan salah satunya proses pembuatan program CNC pada permesinan milling CNC dengan menggunakan CAM dan secara manual. Dari kedua cara tersebut pasti ada perbedaan waktu dalam prosesnya karena salah satu sisi pengerjaannya secara otomatis / komputerisasi dan satu sisi yang lain proses pengerjaannya secara manual / sesuai dengan tingkat ketrampilan seorang programmer ( pembuat program ), oleh karena itu perlu di analisa perbedaan waktunya yang bertujuan untuk mengetahui sebesar apa pengaruhnya terhadap proses produksi. Untuk menganalisa waktu tersebut penulis menggunakan 2 metode yaitu metode 1 adalah program dibuat dengan cara manual dan metode 2 adalah program dibuat dengan cara menggunakan CAM. Dari hasil analisa yang diperoleh bahwa program dibuat oleh programmer / penulis sendiri dengan waktu yang dicapai untuk membuat NC program dengan cara manual ( metode pertama ) selama = 0°45’28” ( Empat puluh lima menit dua puluh delapan detik ), dimana programmer / penulis sendiri adalah orang yang sudah terampil dalam membuat program. Sedangkan waktu yang dicapai dengan cara menggunakan CAM ( metode kedua ) selama = 0°15’56” ( Lima belas menit lima puluh enam detik ). Dari data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pada metode kedua terjadi penghematan waktu untuk pembuatan program dan mempercepat proses produksi sehingga lebih menghemat biaya produksi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/MSN. 07 053
Call Number: STI/07/110 HER a
NIM/NIDN Creators: 4130411-029
Uncontrolled Keywords: PROGRAM CAM
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 27 Nov 2007 10:33
Last Modified: 04 Jun 2017 05:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30381

Actions (login required)

View Item View Item