Strategi media relation PT.Surya Citra Televisi (SCTV)

Wicaksono, R. Puthut Sigit (2007) Strategi media relation PT.Surya Citra Televisi (SCTV). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB)

Abstract

ABSTRAKSI R. PUTHUT SIGIT WICAKSONO (0420311 – 060) STRATEGI MEDIA RELATIONS PT. SURYA CITRA TELEVISI (SCTV) Bibliografi : 5 Bab, 121 Halaman, 4 Tabel, 5 Lampiran Media massa perlu mendapatkan perhatian khusus mengingat fungsi media sebagai mediasi / jembatan / jalur penghubung langsung antara organisasi dan khalayak lainnya. Selain itu, alasan penting lainnya adalah bahwa para penerbit, produser, editor dan jurnalis memiliki kekuasaan penuh dalam menentukan apa yang akan dilihat, dibaca dan didengar khalayak mengenai suatu organisasi. Untuk memfokuskan penciptaan komunikasi yang baik dengan media massa, suatu organisasi perlu membuat divisi media relations.. Hubungan Pers atau press relations atau juga media relations adalah upaya – upaya untuk mencapai publikasi atau penyiaran yang maksimum atas suatu pesan atau informasi humas dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak dan organisasi atau perusahaan yang bersangkutan. Oleh karena itu, rumusan masalah yang diangkat adalah melihat strategi apa yang diterapkan oleh media relations PT. Surya Citra Televisi (SCTV) sehingga reputasi positifnya dapat terjaga hingga saat ini. Penelitian ini didasarkan pada konsep – konsep yang berkaitan dengan strategi secara umum dan juga penerapan kegiatan media relations sebagai cara untuk melihat strategi yang diterapkan. Kegiatan media relations menurut Yosal Irantara, dalam buku yang berjudul “media relations”, meliputi; press conference, press release, on locations, redaksi visit, wawancara,m press gathering, press briefing, lobbying, monitoring berita dan analisa. Selain itu, tahapan yang digunakan untuk melihat paparan kegiatan media relations meliputi identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Penelitian ini menggunakan penelitian tipe Deskriptif Kualitatif dengan metode studi kasus.. Teknik pengumpulan data menggunakan in-depth interview sebagai data primer dan riset perpustakaan, observasi lapangan dan studi data sebagai data sekunder. Key informan yang dipilih adalah senior manager Public Relations dan Media Relations Officer PT. Surya Citra Televisi. Wawancara pendukung juga dilakukan kepada 4 orang wartawan dari media cetak dan infotainment. Hasil penelitian ini menemukan strategi jangka panjang yang diterapkan PT. Surya Citra Televisi berupa strategi Government Relations, strategi Coorporate Sosial Responsibility, strategi Coorporate Promotions, strategi Community Relations, strategi Internal Relations dan strategi Media Relations. Selain itu, penerapan strategi Media Relations SCTV seiring sejalan dengan strategi “early warning system”. Dari strategi yang telah diterapkan, terlihat hubungan yang sudah baik antara pihak SCTV dalam hal ini media relations dengan para wartawan terutama dari media cetak di beberapa kota rating di Indonesia. Media cetak tersebut antara lain, harian Republika, Jawa Pos, Media Indonesia, www.detik.com, Tabloid Lisa, Tabloid Cek

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 040
Call Number: SK/07/038 SIG s
NIM/NIDN Creators: 0420311-060
Uncontrolled Keywords: STRATEGI MEDIA RELATION
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 22 Nov 2007 10:56
Last Modified: 05 Jun 2017 06:28
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30369

Actions (login required)

View Item View Item