Pengaruh kredibilitas endorser selebritis iklan sabun lux di televisi terhadap citra merek (versi"empat bintang lux di dalam pesawat)

Rahayu, Siti (2007) Pengaruh kredibilitas endorser selebritis iklan sabun lux di televisi terhadap citra merek (versi"empat bintang lux di dalam pesawat). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran endorser dalam iklan televisi, terutama endorser selebritis. Salah satu produk yang konsisten menggunakan endorser selebritis sebagai model iklan untuk produknya adalah sabun Lux. Pesan yang bersumber dari endorser selebritis yang kredibel diyakini lebih mudah mempengaruhi khalayak. Kemampuan endorser dalam membuat pernyataan yang sahih atau valid mengenai pesan iklan. Konsep yang mendasari iklan itu berdasarkan pada unsur-unsur iklan televisi. Endorser iklan sabun Lux merupakan model yang dianggap efektif oleh produsen iklan untuk menyampaikan pesan iklan. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini melihat bagaimana pengaruh kredibilitas endorser selebritis iklan sabun Lux di dalam pesawat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah S-O-R yaitu Stimulus, Organisme, dan Response yang dikembangkan oleh De Fleur. Teori ini mnjelaskan bahwa efek merupakan reaksi tertentu terhadap stimulus (rangsang) tertentu. Teori yang kedua adalah dengan menggunakan, Model TEARS, ialah Trustworthiness, Expertise dan Physical Attractiness yaitu sumber yang dapat dipercaya khalayak digunakan untuk melihat bagaimana pengaruh kredibilitas endorser selebritis dan citra merek. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif untuk mengetahui pengaruh kredibilitas endorser selebritis terhadap citra merek dengan menggunakan metode survey. Populasi penelitian mahasiswa Universitas Mercu Buana, FIKOM, yaitu 407 orang. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel yang diambil sebanayk 130 responden yang didapat dengan menggunakan 30%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang cukup tinggi antara kredibilitas endorser selebritis dengan citra merek. Pada tahap kredibilitas endorser selebritis terhadap Trustworthiness, Expertise dan Physical Attractiness. Dari hasil dapat disimpulkan kredibilitas endorser selebritis dengan citra merek adanya pengaruh yang saling memberikan citra positif antara bintang Lux itu sendiri dan memancarkan pesona bintang Lux dapat memperkuat Citra Lux.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 07 024
Call Number: SK/07/002 RAH p
NIM/NIDN Creators: 04301-076
Uncontrolled Keywords: PENGARUH KREDIBILITAS
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 01 Oct 2007 15:48
Last Modified: 05 Jun 2017 06:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30230

Actions (login required)

View Item View Item