Efek kognitif dan afektif tayangan pemilihan dai cilik (pildacil) di lativi thd siswa-siswi madrasah ibtidaiyah al-mubarak jakarta (Musim kelima periode januari 2008)

Indarsih, Mike (2008) Efek kognitif dan afektif tayangan pemilihan dai cilik (pildacil) di lativi thd siswa-siswi madrasah ibtidaiyah al-mubarak jakarta (Musim kelima periode januari 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Nama : Mike Indarsih NIM : 04101 – 040 Judul Skripsi : Efek Kognitif dan Afektif Tayangan Pemilihan Da’i Cilik (PILDACIL) di Lativi terhadap siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah AL-Mubarak Jakarta. (Musim ke 5 Periode Januari 2008). Bibliografi : 24 Buku (1974-2008) Jumlah Halaman : 66 Halaman + x + 11 Lampiran Televisi merupakan suatu media komunikasi elektronika yang mempunyai peranan besar terhadap perkembangan suatu negara.Keberadaan televisi juga dibarengi dengan banyaknya program tayangan yang disajikan, sehingga hal ini akan memberikan efek bagi khalayak. Reality show adalah sebuah acara yang saat ini sedang diminati masyarakat. Reality show adalah sebuah program yang eksis di Indonesia tahun 2000-an meskipun genre sudah eksis beberapa tahun lalu, namun popularitas acara ini booming pada tahun 2000- an. Reality show pertama di dunia adalah candid camera tahun 1903. Acara reality show PILDACIL yang ditayangkan Lativi, dengan konsep yang berbeda dari reality show yang banyak bermunculan, Pildacil tampil dengan peserta anak-anak dan dikemas dengan nuansa islami. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek kognitif dan afektif tayangan Pemilihan Da’i Cilik di Lativi terhadap siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Al – Mubarak Jakarta. Efek kognitif ini terjadi bila ada perubahan pada apa yang di ketahui, dipahami dan dipersepsikan khalayak berhubungan dengan trasmisi pengetahuan, ketrampilan, kepercayaan dan informasi. Efek afektif timbul bila ada perubahan yang dirasakan, disenangi atau dibenci khalayak. Tinjauan pustaka yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi massa, efek komunikasi massa, media televisi, dan reality show. Tipe penelitian ini adalah deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa efek kognitif dan afektif tayangan PILDACIL di Lativi terhadap siswa-siswi MI Al-Mubarak adalah tinggi. Dengan persentase akumulasi efek kognitif 88 %, akumulasi efek afektif 99 % dan akumulasi efek keseluruhan 98 %.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 131
Call Number: SK/09/214
NIM/NIDN Creators: 04101-040
Uncontrolled Keywords: Efek kognitif, afektif, tayangan pemilihan dai cilik (pildacil), lativi, siswa-siswi madrasah
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Jun 2017 06:48
Last Modified: 05 Jun 2017 06:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29163

Actions (login required)

View Item View Item