Perspektif metro tv dlm pemberitaan ttg sakitnya mantan presiden soeharto di headline news (Studi analisis wacana dgn pendekatan analisis bahasa kritis)

Lestari, Sri (2008) Perspektif metro tv dlm pemberitaan ttg sakitnya mantan presiden soeharto di headline news (Studi analisis wacana dgn pendekatan analisis bahasa kritis). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Universitas : Mercu Buana Fakultas : Ilmu Komunikasi Jurusan : Broadcasting TV Nama : Sri Lestari Judul : Perspektif METRO TV dalam Pemberitaan tentang sakitnya mantan Presiden Soeharto di Headline News Biografi (vii +118 Halaman+24 tabel+2 lampiran) Peristiwa masuknya mantan Presiden Soeharto yang dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Pertamina 4 Januari 2008 lalu menjadi perhatian seluruh media massa Nasional baik cetak maupun Elektronik. Bak seorang idola, ratusan wartawan stand by untuk memberitakan Perkembangan penyakitnya dengan memantau detik demi detik selama 24 jam.Bahkan setiap harinya diadakan konferensi pers mengenai perkembangan kondisi kesehatan mantan Presiden Soeharto. Selama beberapa minggu pemberitaan tentang sakitnya mantan Presiden Soeharto selalu menjadi berita utama, bahkan beritanya mengalahkan peristiwa-peristiwa penting lainnya seperti bencana alam, tanah longsor, benjir, yang terjadi dibeberapa daerah di Indonesia. Apa yang disajikan oleh media tentunya tidak terlepas dari visi, misi, ideologi, kepentingan ekonomi-politik, sosialpolitik media yeng bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pandang stasiun televisi METRO TV dalam memaknai konstruksi realitas tentang pemberitaan sakitnya mantan Presiden Soeharto tahun 2008 pada Program berita Headline News. mengetahui ke mana METRO TV menggiring opini khalayak dalam pemberitaanya. Kerangka pemikiran atau teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Media Kritis oleh Frankurt. Perhatian penelitian ekonomi politik diarahkan pada kepemilikan, kontrol serta kekuatan operasional pasar media. Dari sudut pandang ini, institusi media massa dianggap sebagai sistem ekonomi yang berhubungan erat dengan sistem politik. Selain itu peneliti juga menggunakan Teori Sosiologi Media Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Wacana yaitu sebuah metode penelitian yang termasuk dalam paradigma kritis dengan pendekatan yang digunakan adalah metode analisis wacana model Roger Fowler dkk, yang termasuk kedalam kategori analisis bahasa kritis atau Critical Linguistic. Melalui critical linguistic penggunaan bahasa dan ideologi menjadi terungkap, ke arah mana media akan berlabuh Hasil penelitian, menunjukkan bahwa ideologi media sangat berpengaruh dalam menentukan cara pandang media terhadap suatu peristiwa. Mengenai Perspektif METRO TV dalam Pemberitaan tentang sakitnya mantan Pesiden Soeharto pada program berita Headline News tahun 2008, hasil penelitian menunjukkan bahwa METRO TV mengkonstruksikan peristiwa sakitnya Soeharto sebagai peristiwa yang penting untuk publikasikan. METRO TV menggunakan bahasa sesuai dengan versinya dalam menggambarkan realitas. METRO TV menggiring khalayak untuk bersimpati dan ikut berduka atas sakitnya Soeharto, oleh karena itu sudah selayaknya memaafkan segala kesalahan yang dilakukaknnya serta menghentikan kasus hukum yang dihadapinya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 125
Call Number: SK/09/215
NIM/NIDN Creators: 04103-011
Uncontrolled Keywords: Perspektif metro tv, pemberitaan, headline news, Studi analisis wacana, analisis bahasa kritis
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Jun 2017 06:48
Last Modified: 05 Jun 2017 06:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29162

Actions (login required)

View Item View Item