Strategi reportase berita seputar Indonesia di RCTI (Periode bulan Mei 2008)

Veliani, Rosa (2008) Strategi reportase berita seputar Indonesia di RCTI (Periode bulan Mei 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSRAKSI ROSA VELIANI (04103119) Strategi Reportase Berita Seputar Indonesia di RCTI Periode Mei 2008 85 Halaman + 12 Lampiran + 7 Tabel + 2 Gambar + 1 Biografi Salah satu media massa yang memberikan informasi penting yaitu televisi, yang diberikan berupa berita dari dalam negri maupun luar negri kepada publik. RCTI merupakan stasiun televisi swasta pertama yang memiliki program berita di Indonesia yaitu Seputar Indonesia yang tayang setiap hari pukul 17.30 WIB, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang digunakan redaksi Seputar Indonesia dalam menghadapi persaingan antar berita di televisi di Indonesia. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi reportase berita Seputar Indonesia di RCTI dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi reportase program berita Seputar Indonesia dalam menghadapi persaingan berita televisi periode bulan Mei 2008. Strategi Reportase adalah perencanaan dan manajemen reportase untuk mencapai suatu berita yang efektif artinya seorang komunikator hendaknya mempunyai panduan antara perencanaan komunikasi dan manajemen komunikasi pada saat menyampaikan pesan komunikasinya kepada komunikan sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik, dan jika pesan dapat tersampaikan dengan baik, penonton akan mengerti dan tentunya akan terus menonton program berita tesebut Penelitian ini juga menggambarkan metode penelitian deskriptif kualitatif karena mencoba menggambarkan dan tidak menguji hipotesis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, serta dokumen. Dalam hal ini narasumber yang berkaitan dengan strategi reportase Seputar Indonesia. Hasil penelitian menunjukan Seputar Indonesia saat ini sedang bekerja sama dengan bagian programming agar menayangkan acaraacara di sebelum dan sesudah acara berita yang menarik dan mendapat rating dan share yang tinggi, maka dengan begitu otomatis acara berita tidak ikutikutan terpuruk, karena konsep berita yang disajikan saat rating dan sharenya Seputar Indonesia tinggi isi beritanya tidak jauh berbeda jauh dengan pada saat rating dan shere Seputar Indonesia sedang turun, kemudian dengan melakukan evaluasievaluasi untuk bisa mendapatkan posisi rating pertama untuk berita televisi, namun redaksi RCTI juga tidak akan mengorbankan konsep yang dibuat untuk mengejar rating, karena rating yang bagus belum bisa menentukan nilai kualitas sebuah berita.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 086
Call Number: SK/09/253
NIM/NIDN Creators: 04103-119
Uncontrolled Keywords: Strategi reportase berita, seputar Indonesia, RCTI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Jun 2017 06:47
Last Modified: 05 Jun 2017 06:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29132

Actions (login required)

View Item View Item