Pemanfaatan program plc untuk pengukuran panjang menggunakan pulsa yang dihasilkan oleh proximity switch dan roda gigi di PT Gajah Tunggal Tbk

Regiansyah, (2008) Pemanfaatan program plc untuk pengukuran panjang menggunakan pulsa yang dihasilkan oleh proximity switch dan roda gigi di PT Gajah Tunggal Tbk. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48MB)

Abstract

ABSTRAKSI Sistem yang dijelaskan dalam tugas akhir ini adalah sebuah sistem yang memberikan alternatif lain alat atau sensor pengukur panjang selain sensor yang telah ada atau umum untuk digunakan yaitu Photo Electric Sensor dan Rotary Encoder, dalam sistem ini sensor pengukur panjang yang ada sebelumnya digantikan dengan sebuah Proximity Switch biasa dan Roda Gigi yang diatur sedemikian rupa sehingga akan menghasilkan pulsa untuk digunakan sebagai parameter input pada program PLC yang digunakan. Keliling dari Roda Gigi yang dipakai akan diterjemahkan menjadi jumlah pulsa dengan mengatur jumlah gigi dari roda giginya, jumlah roda gigi yang dipakai akan menggambarkan panjang keliling dari lingkaran Roda Gigi sehingga kita akan mendapatkan suatu kesimpulan nilai panjang yang bisa diukur dari satu pulsa yang dihasilkan. Kelebihan dari sistem ini dari segi harga jelas alat ini lebih murah dari sensor yang ada terutama Rotary Encoder, selain itu perawatan dan operasional dari mesin menjadi lebih sederhana dan segi fungsi alat ini tidak kalah bila dibanding dengan sensor yang ada. Sensor ini juga bisa menggunakan semua jenis dan tipe PLC yang ada dengan kata lain tidak perlu menggunakan PLC dengan tipe khusus seperti Rotary Encoder. Sistem ini bisa diaplikasikan dimana saja pada suatu sistem yang memerlukan sensor pengukur panjang tentu saja yang menggunakan PLC sebagai pusat kontrol dari sistem.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/ELK. 08 063
Call Number: STI/09/199
NIM/NIDN Creators: 41405120109
Uncontrolled Keywords: program plc, pengukuran panjang, pulsa, proximity switch, PT Gajah Tunggal
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Jun 2017 10:32
Last Modified: 11 Jun 2017 10:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29026

Actions (login required)

View Item View Item