Persepsi khalayak thd tayangan olahraga one stop football di trans7 (Studi deskriptif thd mahasiswa/i D3 penyiaran Fikom UI)

Pratama, Dicky Anugrah (2008) Persepsi khalayak thd tayangan olahraga one stop football di trans7 (Studi deskriptif thd mahasiswa/i D3 penyiaran Fikom UI). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Perkembangan teknologi komunikasi yang kian pesat, membawa banyak perubahan bagi masyarakat dunia, dari masyarakat industri ke masyarakat informasi. Salah satu media penyiaran yang sangat berpengaruh dan berperan pada perkembangan struktur masyarakat tersebut adalah televisi. Di kehidupan masyarakat yang kian sulit ini membuat fungsi media televisi sebagai sarana hiburan semakin dibutuhkan. Salah satu tayangan berita olahraga khusus sepakbola yaitu “One Stop Football” di Trans7, merupakan salah satu program hiburan plus informasi unggulan Trans7 yang tetap bertahan, baik sebelum maupun sesudah bergabung dengan Trans Corp. dengan perolehan TV Rating 2.0 dan TV Share 12.8. Di kerangka pemikiran, penulis membahas tentang pengertian komunikasi massa, proses dan karakteristiknya, hingga pemahaman televisi sebagai media massa, pengertian persepsi dan khalayak. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jadi penulis menggunakan metode survei untuk mengambil data dengan teknik penyebaran diambil secara purposive sampling. Pada hasil penelitian dan pembahasan, peneliti memberikan 20 pernyataan berkaitan dengan perpaduan antara dimensi persepsi dan dimensi tayangan olahraga. Peneliti juga memberikan pilihan jawaban untuk para responden dalam setiap pernyataan yang masing-masing pilihan jawaban mengindikasikan persepsi. Setelah didapatkan jumlah keseluruhan yang telah diakumulasikan, lalu hasilnya diberi kriteria penilaian. Dari analisa data yang berhasil dikumpulkan dapat dikatakan bahwa sebagian besar persepsi para mahasiswa/ i D3 Penyiaran Universitas Indonesia menyaksikan acara One Stop Football kebanyakan positif, dengan presentase sebesar 75,4% atau penilaian skor akumulasi sebesar 8531 dari nilai tertingginya sejumlah 11300. Dapat disimpulkan, One Stop Football merupakan program unggulan Trans7.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 098
Call Number: SK/09/286
NIM/NIDN Creators: 44105110034
Uncontrolled Keywords: Persepsi khalayak, tayangan olahraga, trans7, Studi deskriptif thd mahasiswa
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Jun 2017 10:39
Last Modified: 11 Jun 2017 10:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28979

Actions (login required)

View Item View Item