SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS MELALUI PENGOPERASIAN ATM PADA PT BNI (PERSERO) TBK

SAPUTRA, YUSUF OKTIAWAN (2008) SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS MELALUI PENGOPERASIAN ATM PADA PT BNI (PERSERO) TBK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
CD Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan pada umumnya mempunyai SIA, mengingat peranan SIA sebagai pengumpul data yang menjelaskan kegiatan perusahaan. Data maupun informasi SIA tersebut dapat dipergunakan sebagai input bagi sistem informasi fungsional lainnya yang ada dalam perusahaan. istilah SIA lebih luas dari itu, guna mencakup siklussiklus pemrosesan transaksi, penggunaan teknologi informasi, dan pengembangan sistem informasi. Implementasi SKA (Sentralisasi Kas ATM) merupakan sistem informasi akuntansi yang relatif masih baru di PT BNI (Persero) Tbk khususnya untuk di kalangan kantor cabang dan sampai dengan saat ini masih terus dikembangkan. SKA digunakan untuk dapat mengetahui dan mengevaluasi bentuk dan penerapan sistem informasi akuntansi terhadap pengoperasian BNI ATM dan pengendalian intern yang digunakan sebagai penyaji informasi yang dapat menunjang kegiatan operasi di PT BNI (Persero) Tbk. Manfaat sistem informasi akuntansi dalam pengendalian intern adalah untuk dapat mengidentifikasikan, menggabungkan, mengklasifikasikan, menganalisa, mencatat dan melaporkan transaksi, serta untuk mengelola akuntabilitas (tanggung gugat) atas aktivitas terkait dalam pengoperasian BNI ATM. Saran-saran yang dapat diberikan adalah (1) diperlukan staf SKA yang kompeten untuk dapat menunjang kinerja sistem informasi akuntansi yang dihasilkan (2) respon yang cepat dalam hal menangkap data transaksi yang dinilai ada kejanggalan dan bersifat tidak biasa. Hal ini diperlukan untuk memperbaiki siklus terhadap kinerja fungsi-fungsi yang terkait agar lebih berdaya guna dan dapat diandalkan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 08 282
Call Number: SE/08/316
NIM/NIDN Creators: 43206110122
Uncontrolled Keywords: SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS MELALUI PENGOPERASIAN ATM PADA PT BNI (PERSERO) TBK
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Jan 2009 16:19
Last Modified: 24 Nov 2022 03:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28927

Actions (login required)

View Item View Item