Pemberitaan Pers Tentang Pilkada DKI Jakarta 2007 (Analisis Framing Pemberitaan Harian Umum Kompas dan Republika edisi 4 Juli s.d 4 Agustus 2007)

M, Widya Victoria (2008) Pemberitaan Pers Tentang Pilkada DKI Jakarta 2007 (Analisis Framing Pemberitaan Harian Umum Kompas dan Republika edisi 4 Juli s.d 4 Agustus 2007). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Widya Victoria Mahmilawati (04102 – 070) Pemberitaan Pers Tentang Pilkada DKI Jakarta 2007 (Analisis Framing Pemberitaan Harian Umum Kompas dan Republika edisi 4 Juli s.d 4 Agustus 2007) x + 108 halaman + 7 lampiran Bibliografi 49 acuan (1960 – 2007) Bermuara pada satu titik kesimpulan bahwa tidak ada media massa yang netral selalu ada keberpihakan. Begitu pada kenyataannya. Sebagai sebuah organisasi industri mereka selalu memiliki visi atau kepentingan tertentu. Disamping banyak faktor yang mempengaruhi dalam memposisikan keberpihakan pemberitaan, semisal: sidang pembaca atau ideologi kepentingan politik pemilik. Namun keberpihakan media seperti apa dan bukan pada siapa kiranya dapat menjadi pertanyaan bagi sebuah media dalam mengemas beritanya. Penelitian ini berusaha menggali hal – hal tersebut dengan mengkaitkan dengan berbagai teori yang ada. Tujuan utama penelitian ini berupaya membuat pemetaan lugas keberpihakan surat kabar nasional terhadap realitas sosial lewat dinamika framing. Analisis dilakukan dalam dua tahap, pertama: data tekstual secara kuantitaf digunakan agar dapat menentukan core frame penelitian ini dan kedua menggunakan metode analisis framing model Gamson dan Modigliani yang merupakan tradisi dari analisis wacana. Selain itu formula framing ini dapat membantu peneliti lebih sensitif untuk melihat bahasa secara mikro melalui perangkat-perangkat dalam framing Gamson dan Modigliani. Penyajian rubrik ini dikemas dengan berbagai macam opini tambahan oleh penulis rubrik. Dengan kalimat-kalimat yang menonjolkan istilahistilah politis yang menuju pada penggambaran momen Pilkada DKI Jakarta , dan didukung dengan gambar berupa foto Dari hasil penelitian terbukti bahwa keberpihakan berbeda diperlihatkan secara jelas oleh masing – masing media. HU Kompas yang terkesan imbang berusaha menunjukkan arti penting proses demokrasi. Sedangkan HU Republika yang secara informatif dan kritis dalam pemberitaannya, cenderung memandang peristiwa Pilkada DKI Jakarta 2007 sebagai suatu proses pembelajaran politik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 096
Call Number: SK/08/123
NIM/NIDN Creators: 04102-070
Uncontrolled Keywords: Pemberitaan Pers, Pilkada DKI Jakarta 2007, Analisis Framing, Pemberitaan Harian Umum, Kompas dan Re
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Jan 2009 16:21
Last Modified: 05 Jun 2017 04:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28797

Actions (login required)

View Item View Item