Strategy customer relationship management PT Bank Mandiri (Persero) tbk dlm mempertahankan loyalitas nasabah prioritas periode Desember 2006 - November 2007

Hanum, Krisnina Maharani (2008) Strategy customer relationship management PT Bank Mandiri (Persero) tbk dlm mempertahankan loyalitas nasabah prioritas periode Desember 2006 - November 2007. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Strategi Customer Relationship Management PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah Prioritas Periode Desember 2006- November 2007 (i-xxx), 108 halaman, 27 buku, 3 website, 3 artikel (2006-2007) Dalam menghadapi paradigma komunikasi pemasaran yang semakin customer centris dan personalized, Bank Mandiri dituntut untuk dapat menghadirkan suatu layanan yang dapat menjawab tantangan tersebut sekaligus dapat membangun hubungan yang dapat mempertahankan dan meningkatkan loyalitas nasabah yang memberikan value dan profitabilitas tinggi terhadap perusahaan dalam jangka panjang. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi customer relationship management (CRM) yang dilakukan Bank Mandiri dalam mempertahankan loyalitas nasabah prioritas selama periode Desember 2006-November 2007. Dengan pendekatan IDIC (Identify, Differentiate, Interact dan Customized), life time value customer, customer share dan data base, atas dasar prinsip pareto 20% nasabah memberikan 80% profit pada perusahaan, strategi customer relationship management (CRM) diterapkan dan direalisasikan untuk menciptakan produk dan layanan yang customized dan personalized sesuai harapan dan kebutuhan nasabah prioritas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe deskriptif, yaitu data primer berupa wawancara mendalam dengan nara sumber pihak manajemen Wealth Management Group Bank Mandiri, sebagai key informan, staff personal bankers officer (PBO) Mandiri Prioritas sebagai pelaksana lapangan dan salah satu nasabah prioritas sebagai sasaran langsung dari program loyalty customer dan bagian dari objek analisa penelitian, juga didukung oleh data sekunder . Strategi Bank Mandiri dalam memepertahankan loyalitas nasabah prioritas merupakan suatu proses yang melalui tahapan, proses perencanaan, dan dilakukan dengan berbasis customer value. Fungsi ini direpresentasikan secara langsung dan secara tidak langsung oleh semua departemen terkait di Wealth Management Group Bank Mandiri baik nasabah affluent maupun HNI dengan tingkat dan bentuk layanan berbeda pada tiap segmen dan individu. Namun, dalam pelaksanaan program ini di lapangan, berdasarkan hasil temuan peneliti, masih terdapat hambatan dari berbagai faktor seperti sumber daya manusia, birokrasi, berbagai kebijakan pemerintah dan hubungan komunikasi internal perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 049
Call Number: SK/08/099 Hardcover Rusak
NIM/NIDN Creators: 4430411-024
Uncontrolled Keywords: Strategy, customer relationship management, PT Bank Mandiri (Persero), loyalitas nasabah prioritas
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Jan 2009 16:01
Last Modified: 04 Jun 2017 05:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28692

Actions (login required)

View Item View Item