Analisa pengendalian cacat produksi botol minuman softdrink dengan menggunakan metode tujuh alat pengendalian kualitas (7 tools)

Yudha, Helmy Satria (2008) Analisa pengendalian cacat produksi botol minuman softdrink dengan menggunakan metode tujuh alat pengendalian kualitas (7 tools). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

ABSTRAKSI Dalam perusahaan pabrik, ”istilah mutu diartikan sebagai faktor-faktor yang terdapat dalam suatu barang/hasil yang menyebabkan barang/hasil tersebut sesuai dengan tujuan untuk apa barang/hasil itu dimaksudkan atau dibutuhkan. Dalam hal ini konsumen selain sebagai pengguna produk, konsumen juga penilai apakah fungsi barang tersebut dapat tercapai dengan tepat tujuan atau untuk apa barang tersebut dimaksudkan atau dipergunakan. Bertolak dari kenyataan bahwa faktor kualitas/mutu barang sangat berpengaruh, maka berkembanglah beberapa metode untuk meningkatkan kualitas dari tiap-tiap produk yang dihasilkan suatu perusahaan. Dari beberapa metode yang ada dalam penelitian ini diambil satu metode yaitu Seven Tools mengingat metode ini lebih murah dan cepat untuk mengetahui faktor apa saja yang harus mendapat prioritas perbaikan. Objek yang diambil dalam penelitian ini berada di Line 3 pada PT. Coca Cola Amatil yang merupakan pabrik produksi Coca cola seluruh Sumatera Utara. Line 3 adalah line yang memproduksi jenis minuman Coca cola. Operator yang di amati adalah mereka yang berada pada proses Pencucian botol, Pengisian beverage ke botol, Penutupan botol, dan proses ini berada pada line yang sama. Dari ketujuh metode seven tools yang di pakai dalam penelitian ini, metode paling akurat dalam menunjukkan sebab sebab kerusakan adalah metode check sheet dan cause and effect diagram. Dari ketiga botol Reject, didapat persen jenis kerusakan yang palingbesar adalah Botol Kotor yaitu sebesar 43,57%, sedangkan Botol Rusak sebesar 34,69% dan Half Full sebesar 21,74%. Penelitian ini menghasilkan penyebab yang paling sering adalah faktor lingkungan kerja yang berpengaruh terhadap pribadi si operator. Rata-rata reject terbesar di temukan sekitar jam 09.30 sampai dengan jam istirahat.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/IND. 08 061
Call Number: STI/08/137
NIM/NIDN Creators: 0160311-100
Uncontrolled Keywords: cacat produksi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 02 Jan 2009 14:56
Last Modified: 05 Jun 2017 03:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28621

Actions (login required)

View Item View Item