Modifikasi komponen pemipaan eye bolt dan flange eye bolt pada hidrolik kapasitas 7 ton pada mobil dump truck

Setyawan, Yeri (2008) Modifikasi komponen pemipaan eye bolt dan flange eye bolt pada hidrolik kapasitas 7 ton pada mobil dump truck. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Efisiensi suatu proses produksi dalam sebuah perusahaan adalah mutlak di lakukan untuk menekan biaya produksi dan juga kelangsungan hidup perusahaan untuk bertahan dari persaingan yang semakin kompetitif. Untuk dapat memaksimalkan efisiensi, efektifitas, serta produktifitas kerja adalah dengan menciptakan kondisi kerja, dan peralatan kerja yang tepat guna dan perbaikan sistem kerja secara terus menerus. Pada tugas akhir ini efisiensi di lakukan pada waktu proses produksi dimana di lakukan modifikasi / perubahan pada komponen - komponen pemipaan pada pompa hidrolik dan juga modifikasi / perubahan pada komponen - komponen pemipaan pada bodi hidrolik (Tail Beam) dengan menggunakan metode observasi dan melakukan percobaan. Dari hasil modifikasi / perubahan proses produksi komponen - komponen pemipaan pada pompa hidrolik dan komponen - komponen pemipaan pada bodi hidrolik (Tail Beam) yang lakukan maka di dapat: 1. Terjadi perubahan komponen - komponen pemipaan pada pompa hidrolik yang pada kondisi awal menggunakan dua komponen yaitu Eye Bolt dan Flange Eye Bolt menjadi satu komponen yaitu Nipple Gear Pump. 2. Penyingkatan waktu proses produksi pembuatan Eye Bolt dan Flange Eye Bolt menjadi Nipple Gear Pump pada kondisi awal 42 menit menjadi 9,33 menit, maka persentase efisiensi waktu proses produksi / waktu permesinan adalah 77,78%. vi 3. Penyingkatan waktu proses produksi pembuatan Eye Bolt dan Flange Eye Bolt menjadi Flange Pipe jenis KP 75 pada kondisi awal 42 menit menjadi 24,2 menit, maka persentase efisiensi waktu proses produksi / waktu permesinanya adalah 42,38% 4. Setelah dilakukan modifikasi atau perubahan pada komponen - komponen sistem pemipaan baik komponen - komponen pemipaan pada pompa hidrolik maupun komponen – komponen pemipaan pada bodi hidrolik (Tail Beam) waktu efisiensi totalnya adalah mencapai 60,08%.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/MSN. 08 006
Call Number: STI/09/124
NIM/NIDN Creators: 0130211-034
Uncontrolled Keywords: Modifikasi komponen, pemipaan eye bolt, flange eye bolt, hidrolik kapasitas 7 ton, mobil dump truck
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:08
Last Modified: 05 Jun 2017 01:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28599

Actions (login required)

View Item View Item