Analisis strategi community development diusaha hulu minyak dan gas bumi thd basis kemitraan dan sustainable development (Studi kasus community development Kangean Energy Indonesia Ltd Periode 2007)

fajar, Mira (2008) Analisis strategi community development diusaha hulu minyak dan gas bumi thd basis kemitraan dan sustainable development (Studi kasus community development Kangean Energy Indonesia Ltd Periode 2007). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK MIRA FAJAR (44206110010) ANALISIS STRATEGI COMMUNITY DEVELOPMENT DI USAHA HULU MINYAK DAN GAS BUMI TERHADAP BASIS KEMITRAAN DAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT (Studi kasus community development Kangean Energy Indonesia Ltd periode 2007) Daftar Acuan : 25 (1956-2008) 132 halaman + Lampiran Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah analisis strategi community development di usaha hulu minyak dan gas bumi terhadap basis kemitraan dan sustainable development (studi kasus community development Kangean Energy Indonesia Ltd periode 2007) Penelitian ini didasari bahwa program community development yang dijalankan Kangean Energy Indonesia mengalami hambatan dalam pelaksanaannya yang pada akhirnya memicu konflik dengan masyarakat di awal tahun 2007. Kangean Energy Indonesia adalah salah satu industri minyak dan gas bumi yang membentuk jalinan kemitraan melalui community development committee yang melibatkan unsur masyarakat, pemerintah dan perusahaan dalam perencanaan hingga evaluasi programnnya, hal ini menjadi proyek percontohan bagi para pelaku migas yang lain. Teori-teori yang digunakan untuk mendekati masalah ini adalah teori-teori tentang strategi program community development. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus melalui wawancara mendalam. Sedangkan Pengolahan data dilakukan dengan menganalisis dan menafsirkan secara deskriptif hasil dari wawancara dan data sekunder berupa strategi implementasi program Temuan penelitian bahwa program community development pada 2007 belum terlaksana dengan maksimal hal ini terlihat pada program pabrik es dan listrik yang belum berjalan. Kesimpulan, strategi pengembangan masyarakat terhadap program pabrik es dan kelistrikan yang di putuskan tidak mendukung keberhasilan program hingga akhir 2007. Aksi dan komunikasi yang dilakukan kurang mengakomodir kondisi yang ada. Rekomendasi yang dapat diajukan adalah perusahaan dan pemda setempat harus konsisten terhadap perencanaan program community development yang telah disepakati dan membangun rasa solidaritas, kepercayaan dan kerja sama yang baik, sehingga kemitraan yang dijalankan benar-benar mengakomodir program yang direncanakan dan target yang diharapkan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 149
Call Number: SK/09/108
NIM/NIDN Creators: 44206110010
Uncontrolled Keywords: strategi community development, minyak dan gas bumi, basis kemitraan dan sustainable development, St
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 04 Jun 2017 04:54
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28515

Actions (login required)

View Item View Item