Persepsi khalayak perumahan taman poris gaga rw 06 thd program berita reportase malam di trans Tv (Periode Desember 2007)

Gunarto, Tri (2008) Persepsi khalayak perumahan taman poris gaga rw 06 thd program berita reportase malam di trans Tv (Periode Desember 2007). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Universitas Mercu Buana Fakultas Ilmu Komunikasi Program Studi Jurnalistik Nama : Tri Gunarto Nim : 04102 – 047 Judul : Persepsi Khalayak Perumahan Taman Poris Gaga RW. 06 Terhadap Tayangan Berita Reportase Malam DiTrans TV. Bibliografi : 22 Acuan ( 1991-2006 ) + 78 Halaman ; 28 Tabel + Lampiran Maraknya industri pertelevisian di Indonesia membuat pihak stasiun televisi bersaing dalam menghasilkan program – program yang berkualitas, program tersebut bisa berupa hiburan, kuis dan berita. Berita atau news mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita,pada saat ini disetiap stasiun televisi saling berlomba – lomba untuk menghasilkan program berita yang berbeda dengan stasiun televisi yang lain. Seperti hal nya Reportase Malam TRANS TV yang memiliki cara penyajian yang berbeda dengan program berita yang sejenis pada setiap segmennya. Penelitian ini untuk mengetahui persepsi khalayak Perumahan Taman Poris Gaga RW. 06 terhadap tayangan berita Reportase Malam Di Trans TV, pada tahap Perhatian, Penafsiran, dan pengetahuan. Dalam kerangka pemikiran, penulis membahas mengenai pengertian komunikasi massa, berita, televisi sebagai media massa, program news reportase, proses produksi berita, khalayak, dan persepsi. Adapun model yang digunakan adalah model S – O – R atau model Stimulus – Organisme – Response. Prinsip model ini adalah efek merupakan reaksi tertentu dari stimulu (rangsangan) tertentu. Sehingga orang dapat menduga atau memperkirakan adanya hubungan erat antara isi pernyataan media dengan reaksi khalayak. Penelitian ini bersifat deskriptif yang menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif untuk menjelaskan respon khalayak atas stimulus tertentu dengan menggunakan daftar pertanyaan (quesioner). Tehnik penarikan sample yang digunakan pada penelitian ini adalah tehnik non probability sampling, yaitu purposive sampling. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu sebanyak 31 responden atau 61 % menyatakan bahwa persepsi khalayak perumahan taman poris gaga RW.06 terhadap tayangan berita reportase malam di Trans TV adalah POSITIF, dengan nilai 41 – 54. Dengan positifnya persepsi khalayak perumahan taman poris gaga RW.06 terhadap tayangan berita reportase malam di Trans TV, maka Trans TV harus tetap mempertahankan sekaligus meningkatkan kualitas tayangannya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: Lantai III
Call Number: SK/09/099
NIM/NIDN Creators: 04102-047
Uncontrolled Keywords: Persepsi khalayak, program berita, reportase malam, trans Tv
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 04:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28475

Actions (login required)

View Item View Item