Fenomena reality show dalam perspektif KPI (Kajian terhadap Program Super Mama Seleb Show Indosiar periode januari 2008)

Christina, Lisa (2008) Fenomena reality show dalam perspektif KPI (Kajian terhadap Program Super Mama Seleb Show Indosiar periode januari 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Universitas Mercu Buana Fakultas Ilmu Komunikasi Program Studi Broadcasting LISA CHRISTINA (0410311-038) FENOMENA REALITY SHOW DALAM PERSPEKTIF KPI (Kajian Terhadap Program Super Mama Seleb Show Indosiar Periode Januari 2008) Vii + 81 hal + 30 lampiran Televisi sebagai bagian dari kebudayaan audio visual merupakan medium paling berpengaruh dalam membentuk sikap dan kepribadian masyarakat secara luas. Namun kuatnya arus kapital dalam dunia televisi membuat stasiun televisi gamang menyajikan program televisi dengan kualitas yang baik, yakni, selain pogram itu dapat menghibur seharusnya juga dapat memberikan edukasi. Super Mama Seleb Show di Indosiar adalah reality show yang menggunakan bentuk competition show. Namun, program yang bertema pencarian bakat menyanyi ini, justru visi misinya tak tampak, yang banyak adalah sesi bercandanya, celamencela antar pengisi acara. Hal tersebut membuktikan program tersebut tidak dapat memberikan peranan yang baik dalam hal edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sedalam-dalamnya fenomena reality show dalam program “Super Mama Seleb Show” dalam perspektif KPI. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode wawancara mendalam (indepth interview), dan menetapkan nara sumber nya yaitu Ibu Fetty Fajriati Miftach, selaku Wakil Ketua KPI Pusat merangkap Bidang Isi Siaran, kemudian Bapak Veven SP Wardhana selaku Pengamat Televisi, yang tentu saja relevan dengan topik penelitian ini, mengingat kiprahnya di media cetak maupun televisi. Hasil penelitian membuktikan bahwa arus kapital begitu kuat dalam industri pertelevisian, Indosiar adalah salah satu televisi swasta yang tentu saja orientasinya adalah mencari keuntungan, hingga Indosiar terlupa dengan kualitas program acaranya yakni Super Mama Seleb Show.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 080
Call Number: SK/09/088
NIM/NIDN Creators: 0410311-038
Uncontrolled Keywords: reality show, perspektif KPI, Kajian Program Super Mama Seleb Show Indosiar
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 04:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28464

Actions (login required)

View Item View Item