Pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja pegawai di Biro Humas Departemen Keuangan Repubik Indonesia Periode 2007

Stephanie, Cindy (2008) Pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja pegawai di Biro Humas Departemen Keuangan Repubik Indonesia Periode 2007. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Kehidupan organisasi tidak pernah terlepas dari komunikasi yang ada didalam organisasi tersebut. Setiap individu pada dasarnya melakukan fungsi humas melalui komunikasi dan interaksi. Hal tersebut tentunya membuat keberadaan iklim komunikasi organisasi sangat penting untuk selalu dijaga dan ditingkatkan. Karena menurut Kopelman, Brief dan Guzzo iklim komunikasi organisasi pada gilirannya akan mempengaruhi kinerja dan produktivitas para pegawai yang berada dalam organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja pegawai di biro humas departemen keuangan periode 2007. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini terdiri dari komunikasi organisasi, humas, humas pemerintah, iklim komunikasi organisasi, kinerja. Sedangkan iklim operasionalisasi konsep yang digunakan adalah teori Redding dan definisi kinerja menurut Anwar Prabu Mangkunegara dan Maluyu S.P. Hasibuan. Untuk dimensi kinerja menggunakan dimensi yang dijabarkan oleh Umar Husein. Metode yang digunakan adalah metode survei eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data pokok ialah dengan kuesioner, Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai biro humas yang berjumlah 66 orang pegawai. Untuk analisa datanya menggunakan korelasi pearson dan analisa regresi sederhana, dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Hasil penelitian, dapat diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0,003, artinya 0,003% kuat lemahnya kinerja pegawai di biro humas departemen keuangan disebabkan oleh iklim komunikasi organisasi, sisanya 99,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar iklim komunikasi organisasi. Pada analisa korelasi, menunjukan korelasi atau hubungan antara kedua variabel tidak signifikansi atau tidak ada hubungan yang kuat antara iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja pegawai. Pada tabel coefficients didapat t hitung > t tabel. Maka dalam peneitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, hipotesis bahwa iklim komunikasi organisasi memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan adalah benar, tetapi dalam penelitian ini pengaruhnya sangat kecil.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 058
Call Number: SK/09/086
NIM/NIDN Creators: 4420401-031
Uncontrolled Keywords: iklim komunikasi organisasi, kinerja pegawai
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 04 Jun 2017 04:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28462

Actions (login required)

View Item View Item