Strategi tim kreatif program komedi situasi OB (office boy) rcti dalam mempertahankan rating (periode desember 2007)

Kinanti, Citra Ayu (2008) Strategi tim kreatif program komedi situasi OB (office boy) rcti dalam mempertahankan rating (periode desember 2007). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Sebuah program televisi bermula dari titik temu seorang kreatif dalam menciptakan suatu program. Proses kreatif mencakup perencanaan sampai kepada pengembangan konsep. Seorang kreatif sangat dibutuhkan guna menciptakan program. Berdasarkan alasan tersebut peneliti ingin mengetahui lebih jauh mengenai strategi tim kreatif program OB (Office Boy) RCTI dalam mempertahankan rating dalam periode Desember 2007. Teori yang digunakan adalah teori Gilson dan Berkman, yaitu strategi kreatif memiliki tiga tahap yaitu: menemukan suatu konsep, melakukan pengembangan konsep kemudian mengaplikasikan konsep tersebut ke dalam sebuah produksi. Tahapan produksi dimulai dari tahapan pra produksi (pra- production), yaitu di mana suatu konsep cerita mulai dikembangkan dalam proses produksi (production), kemudian mengalami proses penyuntingan (post production). Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitiannya adalah studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara secara mendalam (indepth interview) dan observasi dengan beberapa narasumber yaitu dengan tim kreatif program OB RCTI, diantaranya produser, sutradara dan penulis naskah. Hasil penelitian memberikan gambaran strategi kreatif yang dipakai oleh tim OB untuk menghasilkan tayangan yang baik sesuai dengan kebutuhan audien sehingga dapat meningkatkan rating program OB (Office Boy) ini. Kesimpulannya yaitu, tim kreatif program sitkom OB ini memiliki strategi kreatif yang memegang metode dimana pada tahapan pra produksi sangat penting diproses secara matang. Penemuan ide, perencanaan ataupun persiapan yang kemudian dikembangkan sampai kepada proses produksi bahkan pasca produksi memang dilakukan secara teliti. Hal ini berguna untuk memiliki penonton yang banyak, sehingga rating yang ada cukup bisa dibanggakan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 044
Call Number: SK/09/081
NIM/NIDN Creators: 04103-039
Uncontrolled Keywords: Strategi tim kreatif, program komedi, rcti, rating
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 04:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28457

Actions (login required)

View Item View Item