Manajemen redaksi media Indonesia dalam menentukan editorial edisi pilkada DKI Jakarta (Periode Agustus 2007)

Aryani, Vera (2008) Manajemen redaksi media Indonesia dalam menentukan editorial edisi pilkada DKI Jakarta (Periode Agustus 2007). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Berkembang pesatnya industri media cetak, khusunya surat kabar harian, membuat harian Media indonesia berinisiatif untuk menyajikan rubrik yang berbeda dari harian yang lain.Media Indonesia adalah surat kabar harian yang menyajikan berita-berita aktual yang terjadi setiap hari, yang ditampilkan dalam berbagai rubrik. Salah satu rubrik yang ada dalam surat kabar ini adalah rubrik Editorial. Editorial adalah pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa yang sedang terjadi. Sehingga untuk Manajemen redaksi harus selektif dan cermat dalam pengembangan fakta dan peristiwa yang ada. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis mencoba untuk menjelaskan manajemen redaksi Media Indonesia dalam menentukan Editorial edisi PILKADA DKI Jakarta (periode Agustus 2007). konsep-konsep yang diteliti meliputi mekanisme kerja redaksi, mulai dari kegiatan perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), sampai tahap pengawasan (controlling). Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan hasil penelitian, penyimpulan dilakukan dengan wawancara mendalan dengan nara sumber antara lain ketua dewan redaksi selaku key informan dan anggota dewan redaksi selaku informan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa manajemen redaksi pada harian Media Indonesia adalah tahap-tahap dalam menentukan Editorial yang tentunya merupakan kebijakan redaksional harian Media Indonesia itu sendiri. Seluruh anggota dewan redaksi ikut turun tangan dalam semua bidang redaksional, dimulai dari tahap penentuan tema editorial, rapat perencanaan, diteruskan dengan pengumpulan dan pengolahan bahanbahan menjadi naskah tulisan editorial, dilanjutkan dengan tahap penyeleksian dan penyuntingan naskah, yang akhirnya sampai ke meja lay out dan siap dicetak dan diedarkan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 111
Call Number: SK/09/076
NIM/NIDN Creators: 04102-050
Uncontrolled Keywords: Manajemen redaksi, media Indonesia, editorial edisi pilkada DKI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 06:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28395

Actions (login required)

View Item View Item