Dampak kognitif dan afektif program acara pagi-pagi di I-Radio 89,6 FM thd khalayak

Iswanto, (2008) Dampak kognitif dan afektif program acara pagi-pagi di I-Radio 89,6 FM thd khalayak. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Iswanto ( 04101 – 026 ) Dampak Kognitif dan Afektif Program Acara “Pagi – Pagi” di I-Radio 89,6 FM Terhadap Khalayak Vii + 68 Hal + 3 Lampiran Bibliografi 22 Acuan (1978 – 2005 ) Komunikasi adalah “suatu proses pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan yang terjadi dalam diri seseorang dan/atau di antara dua orang atau lebih dengan tujuan tertentu”. Pengertian komunikasi mempunyai enam (6) karakteristik pokok sebagai berikut. Pertama, komunikasi adalah suatu proses. Kedua, komunikasi adalah upaya yang disengaja serta mempunyai tujuan. Ketiga, komunikasi menuntut adanya partisipasi dan kerja sama dari para pelaku yang terlibat. Keempat, komunikasi bersifat simbolis. Kelima, komunikasi bersifat trasaksional. Keenam, komunikasi menembus faktor waktu dan ruang Dalam Penelitian ini peneliti memakai teori Model uses and gratification menurut penulis cocok untuk menggambarkan penelitian ini, karena model ini tidak tertarik pada apa yang dilakukan orang terhadap media. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu hanyalah memaparkan situasi dan peristiwa dan hasilnya nanti diharapkan mampu menggabungkan dan menjabarkan fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat dalam kaitannya dengan topik penelitian. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian kali ini adalah metode penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan mengambil sampel dari satu populasi. Dan untuk pengumpulan data pokoknya penulis menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan datanya. Populasi adalah jumlah keseluruhan atau kumpulan dari unit analisa yang diduga. Dalam penelitian ini populasinya adalah masyarakat pengguna jalan dijakarta. Alasan penulis mengambil sample ini karena minat pendengar I-Radio cukup tinggi. Pada penelitian kali ini penulis akan memilih pengguna jalan dijakarta selatan yang mendengarkan program acara Pagi-Pagi di I-Radio.Populasi ini dipilih karena acara Pagi-Pagi sering menyiarkan keadaan lalu lintas daerah pondok indah, kebayoran, Bintaro, sudirman, thamrin dan sekitarnya, dimana pengguna jalan sering melewati jalan tesebut.Adapun jumlah populasi pengguna jalan menurut data yang diperoleh dari I-Radio berjumlah 345 orang. Jumlah sample yang diperlukan sesuai dengan tingkat kepercayaan dan presisi yang diinginkan adalah 25% dihitung dengan menggunakan rumus Suharsimi Ari Kunto. yaitu :345 X 25% = 86,2 = 86 responden Hasil dari penelitian ini, yaitu dampak program acara Pagi-Pagi di I-Radio terhadap pengguna jalan Jakarta adalah sesuai dengan tema, narasumber dan isi acara yaitu 75,58 %

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 076
Call Number: SK/09/069
NIM/NIDN Creators: 04101-026
Uncontrolled Keywords: Dampak kognitif, afektif, program acara, I-Radio 89,6 FM
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 06:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28388

Actions (login required)

View Item View Item